get app
inews
Aa Read Next : Tak Berpuasa, Muhammadiyah Anjurkan Ibu Hamil dan Menyusui Cukup Bayar Fidyah

Abdul Mu'ti Minta Peserta Pemilu Sabar, Hasil Hitung Cepat Tak Bisa Dijadikan Kesimpulan

Sabtu, 24 Februari 2024 | 12:05 WIB
header img
Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu’ti. (Foto: Muhammadiyah)

JAKARTA, iNewsBandungRaya.id – Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu'ti memandang, jika saat ini sudah ada kelompok yang mengadakan pesta kemenangan, hingga bertebarannya foto calon menteri kabinet di media sosial yang akan datang itu terlalu berlebihan.

Sebab menurutnya, meski proses pemungutan suara Pemilu 2024 sudah selesai, namun pemilu sendiri belum. Oleh karena itu, hasil hitung cepat dan prediksi-prediksi pemenang pada Pemilu 2024 tidak bisa dijadikan kesimpulan.

"Proses yang belum selesai harus menjadi kesadaran bersama, semua pihak kontestan harus berjiwa besar menunggu dan menerima keputusan yang disampaikan oleh KPU mendatang," ucap Abdul Mu'ti dalam Pengajian Umum PP Muhammadiyah bertajuk “Konsolidasi Dakwah Muhammadiyah Pasca Pemilu 2024” pada Jumat (23/2/2024).

Abdul Mu'ti menjelaskan, sebagaimana peraturan yang ada, hasil Pemilu 2024 ini paling lambat akan diumumkan oleh KPU pada 20 Maret 2024 mendatang. Bahkan, jika proses ini sudah dilewati, tidak otomatis pemilik suara terbanyak otomatis menjadi pemenang.

“Jika ada pihak-pihak dengan hasil pemilu, mereka masih bisa mengajukan berbagai proses untuk menjadikan keputusan itu menjadi keputusan final. Ada saat di mana calon anggota legislatif, maupun presiden dan wakil dapat menyampaikannya atau gugatan-gugatannya ke Mahkamah Konstitusi,” tuturnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut