get app
inews
Aa Read Next : 5 Tips untuk Kembali Adaptasi ke Rutinitas Kerja Pasca-Libur Lebaran

5 Cara Mudah Mencegah Demam Berdarah Dengue di Rumah

Jum'at, 22 Maret 2024 | 21:35 WIB
header img
Tips mencegah DBD. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Saat ini kasus penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Jawa Barat semakin meningkat, Dari data terbaru Dinas Kesehatan, kasus DBD hingga tanggal 20 Maret 2024 sudah di angka 11.058 dengan angka kematian sebanyak 96 orang.

Hal ini disebabkan musim penghujan. Banyaknya genangan yang terbentuk dari penampungan air terbuka atau lubang-lubang, membuat nyamuk Aedes aegypti sangat mudah berkembang biak. Untuk mencegah datangnya penyakit tersebut, simak tips pencegahan DBD berikut ini.
 
1. Menyalakan AC atau Kipas Angin

Dikutip dari Kemenkes, riset menunjukkan bahwa aliran udara dari kipas angin atau AC dapat mencegah nyamuk terbang mendekati tubuh.

Hal itu membuat nyamuk pembawa virus dengue pergi dengan adanya bau alami tubuh yang menyebar di ruangan yang menyalakan AC dan kipas angin. Sehingga nyamuk akan kebingungan mencari sumber bau yang sesungguhnya

2. Memasang Kelambu dan Kasa

Kelambu dan kasa dapat menghalangi nyamuk dari luar rumah masuk ke dalam rumah. Selain itu, kamu harus memastikan semua lubang yang ada pada jendela dan pintu di rumah tertutup agar nyamuk tidak bisa masuk.
 

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut