get app
inews
Aa Read Next : Cegukan Saat Berpuasa? Ini 4 Cara Ampuh Mengatasinya Tanpa Minum

3 Cara Efektif Menjaga Kulit Tetap Terhidrasi Selama Berpuasa

Kamis, 28 Maret 2024 | 09:42 WIB
header img
Ilustrasi kuliat mengatasi kulit kering saat berpuasa (Foto: felicities on Freepik)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Ketika menjalankan ibadah puasa, menjaga kesehatan kulit seringkali menjadi perhatian utama bagi banyak orang. Salah satu masalah yang sering muncul saat berpuasa adalah kulit kering akibat kurangnya asupan cairan.

Saat berpuasa, merasa dehidrasi adalah hal yang wajar karena kurangnya asupan cairan ke tubuh. Yang mana kondisi ini  akhirnya menyebabkan kulit wajah dan tubuh menjadi  kering dan kusam. Apalagi jika kalian kurang minum air putih  saat sahur atau saat berbuka puasa. Dehidrasi memiliki efek negatif tidak hanya  pada kulit tetapi juga pada tubuh.

Kekurangan air dalam tubuh tidak hanya mengganggu penampilan kulit, tapi juga bisa mempengaruhi keseimbangan metabolisme tubuh. Selain itu,  rentan juga mengalami gejala seperti pusing, sakit kepala, lemas, dan penglihatan kabur dapat terjadi. Dan untuk mengatasi masalah kulit kering yang berkepanjangan, berikut ini merupakan tiga cara mengatasi kulit kering saat berpuasa:

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Air putih adalah kunci utama untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, terutama saat berpuasa. Minumlah setidaknya delapan gelas air putih setelah berbuka dan sebelum sahur untuk mengganti cairan yang hilang selama berpuasa. Air membantu menjaga kelembaban kulit dari dalam, sehingga mengurangi risiko kulit kering dan kusam. Cobalah menerapkan minum air putih saat puasa berikut ini. 

Misalnya, asupan air minum yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 2 liter atau sekitar 8 gelas per hari, maka minumlah segelas air saat berbuka puasa, lalu minumlah segelas air setelah shalat Maghrib, dan minumlah segelas air setelah menyantap hidangan ketika berbuka. Kemudian dilanjutkan dengan segelas setelah shalat Isya, satu gelas lagi setelah shalat Tarawih, satu gelas air sebelum tidur, kemudian satu gelas air setelah bangun tidur untuk Sahur, dan satu gelas air setelah makan Sahur.

Editor : Abdul Basir

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut