get app
inews
Aa Read Next : Tips Membersihkan Rumah Setelah Mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H

Kakorlantas Polri Apresiasi Polda Jabar Dalam Antisipasi Kerawanan Arus Mudik Lebaran

Senin, 01 April 2024 | 15:02 WIB
header img
Mudik Lebaran. (Foto: Ilustrasi/Okezone)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengapresiasi rencana Polda Jabar, dalam mengendalikan arus mudik dan balik lebaran 2024 berjalan lancar dan aman.

Aan mengatakan, Jabar yang bukan hanya menjadi daerah lintasan, tetapi juga tujuan pemudik sejatinya harus disiasati. 

Untuk itu, pemetaan yang dilakukan Polda Jabar bersama stakeholders merencanakan strategi mengatasi kerawanan, baik kemacetan maupun kecelakaan harus didukung penuh dalam arus mudik dan balik lebaran 2024.

Adapun yang menjadi penyebab kemacetan pada arus mudik lebaran, diantaranya KM 152, yang menjadi pertemuan arus kendaraan Tol Cipali dan Cisumdawu, lalu KM 48 antara jalan layang Mohammed bin Zayed (MBZ) dan jalan di bawahnya, serta KM 87 Tol Cipali.

"Ada bottle neck di beberapa wilayah Jawa Barat. Selain bottle neck, juga rest area. Ini sudah dipetakan dan sudah menyiapkan cara bertindak. Mulai contraflow, one way," ujar Aan usai rapat koordinasi persiapan Angkutan Lebaran 2024 bersama sejumlah stakeholders di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu (31/4/2024).

Tidak sampai disitu, pihaknya juga turut mengapresiasi tim urai yang dibentuk Polda Jabar. Dimana para Polwan bakal diterjunkan, untuk mengatasi kemacetan akibat pengendara yang berhenti sembarangan di bahu jalan.

"Dari Korlantas juga sudah back up untuk kendaraan operasional tim urai. Ini dengan harapan, pada saatnya nanti bisa lebih patuh para pengemudi yang berhenti di jalan, sebagai sumber kemacetan," ucapnya.

Selain itu, beberapa tol juga bakal difungsionalkan, salah satunya Tol Cimanggis-Cibitung, dimana di kawasan tersebut turut menjadi titik krusial kemacetan.

Aan menambahkan, sama seperti tahun sebelumnya, jalur arteri utara dan selatan masih menjadi perhatian. Beberapa titik rawan di Pantura dan Selatan, seperti Gentong, Limbangan hingga Tasikmalaya disyukurinya karena telah dipetakan, skema yang akan dilakukan.

"Mulai dari pengalihan arus, penutupan sementara saat puncak arus. Kemudian juga ada contraflow maupun one way sepenggal. Itu diberlakukan di jalur selatan, Pantura juga sama. Ada pasar tumpah, lintasan sebidang ini akan dikelola dengan baik oleh Pak Kapolda (Akhmad Wiyagus) dan sudah dipersiapkan," paparnya.

Aan berharap, upaya bersama ini dapat memastikan proses arus mudik dan arus balik lebaran 2024 di Jabar dapat berjalan aman dan lancar.

“Mudah-mudahan kesiapan yang sudah matang ini, pada saatnya nanti bisa dilaksanakan dengan baik. Kita seluruh stakeholders sudah mempersiapkan. Selebihnya masyarakat yang akan menentukan nanti perjalanan mudik ini bisa lancar, selamat dan aman," pungkasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut