get app
inews
Aa Read Next : BNPB Estimasi 12 Ribu Jiwa Akan Dievakuasi Pasca Gunung Ruang Erupsi

Aktivitas Vulkanik Masih Tinggi, Status Gunung Ruang Tetap Level IV Awas

Jum'at, 19 April 2024 | 16:16 WIB
header img
Gunung Ruang. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan kondisi terkini aktivitas Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara pada Jumat (19/4/2024).

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Muhammad Wafid mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental hingga pukul 12.00 WITA, aktivitas vulkanik Gunung Ruang masih tinggi.

"Karena itu tingkat aktivitas Gunung Ruang masih tetap di Level IV atau awas," ucap Wafid dalam keterangannya, Jumat (19/4/2024).

Wafid mengatakan, pada periode April 2024 ini, tercatat 6 kali erupsi di Gunung Ruang yang dimulai pada 16 April 2024 pukul 13.37 WITA. Erupsi besar tercatat pada 17 April 2024 pukul 20.15 WITA yang merupakan erupsi menerus disertai suara gemuruh dan getaran terasa hingga ke Pos PGA Ruang di Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang.

"Pada saat kejadian erupsi ini, visual di Pulau Ruang teramati erupsi eksplosif disertai dengan lontaran material pijar disertai awan panas. Akibat erupsi ini, dilaporkan terjadi hujan batu dan pasir di P. Tagulandang," katanya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut