get app
inews
Aa Read Next : Pj Gubernur Jabar Pamerkan Aset Bank Syariah Dihadapan Ma'ruf Amin

Wapres Minta Terapkan Teknologi AI dan Inovasi untuk Penanggulangan Bencana

Rabu, 24 April 2024 | 17:49 WIB
header img
Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin. (Foto: Humas Pemkot Bandung)

Kedua, Ma'ruf meminta agar dapat dilakukan pemetaan risiko bencana secara tepat dan valid. Kemudian hasil dari pemetaan tersebut diintegrasikan dalam perencanaan dan implementasi terkait penataan ruang, lingkungan hidup, dan sumber daya alam.

"Hal ini menjadi penting untuk mengendalikan risiko bencana yang ada, sekaligus mengurangi timbulnya risiko bencana baru," ucap Ma'ruf.

Ketiga, Ma'ruf menekankan pelayanan kebencanaan dapat diperkuat. Menurutnya, hal tersebut bisa dilakukan melalui penguatan kelembagaan BPBD baik dalam hal kewenangan, kompetensi sumber daya manusia, logistik, dan peralatan.

Selanjutnya, Ma'ruf meminta agar diterapkannya kebijakan dan upaya pemulihan pascabencana. Ia mengingatkan agar dipastikan adanya pembagian peran antara pusat dan daerah secara proporsional, dalam rangka membangun ketangguhan dan kemandirian masyarakat dan mengurangi risiko bencana di masa yang akan datang.

Terakhir, Ma'ruf berpesan untuk dapat menyusun dan merencanakan pembiayaanbkegiatan penanggulangan bencana secara integratif dan tidak tumpang tindih.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut