get app
inews
Aa Read Next : DPRD Minta Pemprov Jabar Perbanyak Lapangan Kerja

Pemprov Jabar Konsisten Backup Data Guna Cegah Serangan Siber

Rabu, 03 Juli 2024 | 12:30 WIB
header img
Kepala Diskominfo, Jabar Ika Mardiah. Foto: Biro Adpim Jabar.

“Prinsip kami sebenarnya jangan sampai ke-hack meskipun ada backup-nya. Karena backup itu bukan hanya untuk menjaga dari serangan, tetapi juga dari bencana, bisa gempa, bisa banjir atau terputusnya jaringan internet,” tuturnya.

Selain itu, kata Ika, Diskominfo Jabar selalu meng-update infrastruktur teknologi. Ini dilakukan untuk mengikuti perkembangan teknologi terbaru terkait penguatan dalam memproteksi data yang ada. 

“Penguatan dari sisi teknologi ada Web Application Firewall (WAF), ada Endpoint Protection, ada Secure Email Gateway, Security Information and Event Management (SIEM) yang didukung juga BSSN, serta Network Performance Monitoring and Diagnostics,” ucap Ika.

“Dari sisi manusianya, ada peningkatan kesadaran, kami setiap bulan ada webinar mengenai keamanan siber untuk meningkatkan kesadaran mengenai keamanan informasi,” imbuhnya.

Ika mengakui bahwa percobaan untuk melakukan hack terhadap sistem yang dimiliki khususnya terhadap pusat data Jabar kerap terjadi, tetapi hal itu bisa diantisipasi.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut