get app
inews
Aa Read Next : KPU Cimahi Umumkan Resmi, Besok Mulai Pendaftaran Calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota

Dosen Unpad: 185,8 Juta Pengguna Internet di Indonesia, Pemerintah Wajib Cegah Hoaks Jelang Pilkada

Sabtu, 27 Juli 2024 | 18:12 WIB
header img
Jumlah pengguna internet, termasuk medsos sangat banyak. Indikator ini menjadi peluang besar bagi orang tak bertanggung jawab untuk menyebarkan hoaks saat pilkada. (FOTO: ISTIMEWA)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Potensi hoaks setiap pemilu atau pilkada selalu besar. Terlebih di Indonesia, termasuk Jabar, dengan pengguna internet dan media sosial (medsos) terbanyak.

Hoaks, kata Ketua Program Studi Ilmu Pascasarjana Ilmu Politik Universitas Padjadjaran (Unpad) Mudiyati Rahmatunnisa, sangat berbahaya di masa pilkada. Di antaranya bisa
mendelegitimasi hasil pilkada dan mengacaukan informasi.

"Apalagi pada Pilkada Serentak 2024, berita hoaks akan lebih bahaya karena menggunakan media video editan yang mudah sekali dipercaya masyarakat," kata Mudiyati, Sabtu (27/7/2024).

Mudiyati menyatakan, sampai Januari 2024, pengguna internet di Indonesia sebanyak 185,8 juta, termasuk di dalamnya pengguna medsos yang jumlahnya cukup banyak. Indikator ini menjadi peluang besar untuk penyebaran hoaks.

Karena itu, ujar dia, sudah seharusnya masyarakat terus diingatkan tentang ciri-ciri utama berita atau informasi hoaks agar bisa melakukan pencegahan dini dan informasi bohong tidak tersebar luas.

"Beberapa ciri utama hoaks adalah judul berita bombastis, pengunggah selalu minta disebarkan, isi, dan judul tidak bersesuaian. Kemudian selalu mencantumkan nama pesohor atau lembaga terpercaya," ujarnya.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut