get app
inews
Aa Read Next : Cagar Budaya Cikadut Bandung Terancam Perumahan dan Bangunan Liar, Tokoh Tionghoa Angkat Bicara

TACB Nilai Bupati Cianjur Herman Suherman Layak Dinobatkan Jadi Bapak Cagar Budaya

Rabu, 14 Agustus 2024 | 13:17 WIB
header img
Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Cianjur Wina Rezky Agustina (kiri) dan anggota TACB Cianjur Saep Lukman dalam diskusi Cagar Budaya di Cianjur. (FOTO: ISTIMEWA)

Selanjutnya, kata Wina, Lonceng Pendopo, benda bersejarah yang tidak hanya memiliki nilai artistik tetapi juga menjadi bagian penting dari warisan budaya di Cianjur. Benda bersejarah ini ditetapkan sebagai cagar budaya melalui SK Bupati Cianjur nomor 400.6.2/KEP.445/DISBUDPAR/2023.

Jembatan Cisokan Lama melalui SK Bupati nomor 400.6.2/KEP.459/DISBUDPAR/2023 serta Bumi Ageung Cikidang, sebuah bangunan yang memadukan keindahan arsitektur dan nilai historis, menjadi salah satu ikon warisan budaya di Cianjur yang ditetapkan menjadi Cagar Budaya sesuai  SK Bupati: 400.6.2/KEP.460/DISBUDPAR/2023.

Tebing Inggris, jejak peninggalan kolonial dan menyajikan pemandangan memukau ditetapkan cagar budaya melalui SK Bupati Cianjur 400.6.2/KEP.461/DISBUDPAR/2023 dan Bungker 1 sebuah bangunan perlindungan yang dibangun pada masa kolonial yang menunjukkan sisi lain dari sejarah pertahanan di Cianjur melalui SK Bupati nomor 400.6.2/KEP.468/DISBUDPAR/2023.

“Masing-masing cagar budaya ini tidak hanya menjadi saksi bisu perjalanan sejarah Kabupaten Cianjur tetapi juga menjadi warisan yang harus dilestarikan dan dijaga untuk generasi mendatang. Dengan pengakuan resmi dari pemerintah, situs-situs ini diharapkan terus mendapatkan perhatian dan upaya pelestarian yang optimal,” ucap Wina.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut