get app
inews
Aa Read Next : Ketua Tim Paslon EDUN Minta Perumus Debat Pilkada oleh KPU KBB Figur Netral

EDUN Jadikan Debat Ajang Unjuk Kemampuan, Masyarakat akan Menilai Siapa yang Pantas Dipilih

Senin, 21 Oktober 2024 | 13:58 WIB
header img
Pasangan calon Bupati dan Wakil Bandung Barat nomor urut 4, Edi Rusyandi-Unjang Asari atau EDUN. Foto/Istimewa

BANDUNG BARAT,iNews BandungRaya.id - Pasangan calon Bupati dan Wakil Bandung Barat, Edi Rusyandi-Unjang Asari (EDUN) siap menghadapi debat pertama Pilkada KBB.

Pasalnya pasangan nomor urut 4 ini mengaku sudah banyak turun ke masyarakat, sehingga mengetahui bagaimana kondisi di lapangan.

Nantinya itu akan jadi bahan diskusi sekaligus mencari solusi jika dipercaya memimpin KBB lima tahun ke depan.

"Meski tidak ada persiapan khusus tapi kami dari Paslon EDUN, sudah siap tampil di debat nanti," kata Calon Bupati Bandung Barat Edi Rusyandi usai menerima kunjungan Komisioner KPU KBB terkait pelaksanaan debat di kantor DPC HKTI KBB di Batujajar, Sabtu (19/10/2024).

Dikatakannya pada debat pertama tanggal 29 Oktober 2024, tema besarnya sudah ditentukan oleh KPU KBB. Pihaknya juga sudah merumuskan poin-poin dalam tema itu yang selaras dengan program pasangan EDUN.

Sejauh ini pasangan EDUN sudah memiliki banyak masukan aspirasi dari para tokoh dan masyarakat ketika blusukan ke kampung, desa dan juga kecamatan.

Sehingga dengan pengetahuan soal KBB yang selama ini diketahui, bisa menjadi modal untuk menjawab pertanyaan dalam debat.

"Itu jadi masukan-masukan yang berharga bagi kami dengan berbagai potensi dan persoalan, termasuk kondisi objektif di tengah-tengah masyarakat, dari hasil belanja masalah ke lapangan," ucapnya.

Terkait hasil survei yang dirilis beberapa lembaga, Edi mengaku tidak khawatir dengan tingginya popularitas figur yang berasal dari kalangan artis. Tentunya kalangan artis sudah punya kelebihan karena sering muncul di TV dibandingkan figur lainnya.

Namun dirinya yakin dan percaya kepada masyarakat KBB yang sudah cerdas dan punya penilaian sendiri atas kondisi KBB hari ini. Mereka juga pastinya bakal menimbang dan memilih siapa figur pemimpin KBB ke depan yang tepat.

"Hasil survei popularitas mereka (artis) tinggi enggak masalah, yang penting elektabilitas EDUN yang tinggi. Di debat nanti mungkin ada efek untuk menaikkan popularitas dan elektabilitas, makanya masyarakat harus nonton, supaya tahu bagaimana kemampuan dan kualitas masing-masing calon," tutur politisi Golkar KBB ini.

Calon Wakil Bupati Bandung Barat, Unjang Asari menambahkan, pada debat nanti dari KPU sudah menentukan ada enam poin materi debat yang dibagi dua partisi. Yakni kesejahteraan kemasyarakatan dan persoalan daerah.

"Kami rasa enam poin materi debat itu sudah masuk dalam visi misi paslon EDUN, yakni Raharja Wibawa," ucapnya.

Belum lagi hasil belanja masalah yang kemarin pasangan EDUN telah berkeliling ke 165 desa dan 16 kecamatan terkait pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, pihaknya bakal berupaya agar gagasan tema dari KPU dan dari paslon EDUN bisa tersampaikan.

"Harapannya saat momen debat seluruh masyarakat KBB bisa nonton di televisi supaya secara objektif bisa menilai kesiapan setiap paslon. Semoga juga debat jadi ajang adu gagasan dan program untuk memajukan KBB," pungkasnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut