get app
inews
Aa Text
Read Next : Sun Life Indonesia-CIMB Niaga Luncurkan Asuransi X-Tra Wealth Link dan X-Tra Invest Assurance

Masyarakat Sadar Akan Manfaat Asuransi Kesehatan sejak Pandemi Covid-19

Rabu, 08 Oktober 2025 | 12:59 WIB
header img
Chief Human Resources and Marketing Officer FWD Insurance Rudy F Manik (kiri) menunjukkan aplikasi FWD Insurance. (FOTO: AGUS WARSUDI)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Masyarakat Indonesia mulai menyadari akan manfaat dan pentingnya asuransi jiwa dan kesehatan sejak terjadi pandemi Covid-19 pada 2020-2021. Sejak saat itu, industri asuransi berkembang pesat di Indonesia.

Fakta itu disampaikan Chief Human Resources and Marketing Officer FWD Insurance Rudy F Manik dalam bincang santai dengan media di Kota Bandung, Selasa (7/10/2025). 

"Sejak Covid-19, masyarakat mulai sadar akan manfaat dan pentingnya memiliki asuransi kesehatan. Produk asuransi yang paling banyak diminati adalah proteksi jiwa dan kesehatan," kata Rudy.

Selain Covid-19, ujar Rudy, faktor lain adalah, masyarakat menyadari bahwa biaya pengobatan di rumah sakit sangat mahal. "Sehingga mereka memilih membeli produk asuransi agar tidak menanggung seluruh biaya pengobatan yang mahal itu," ujar Rudy.

Karena itu, tutur Rudy, PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance) optimistis masa depan bisnis asuransi semakin cerah dan terus bertumbuh. Namun, sampai saat ini, produk asuransi masih diminati oleh masyarakat kalangan menengah ke atas, terutama di kota-kota besar di Indonesia.

Seperti Bandung, Jakarta, Medan, Surabaya, Semarang, Makassar. "Bandung sangat menjanjikan karena selain literasi tentang asuransinya bagus, juga tingkat pendapatan masyarakatnya juga baik. Nasabah asuransi terus tumbuh di kota ini," tutur Rudi.

Customer Month di Bandung

Rudi mengatakan, PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance) menegaskan komitmen fokus kepada nasabah dengan menempatkan mereka sebagai pusat setiap keputusan bisnis. 

Salah satunya, untuk merayakan Hari Pelanggan Nasional, FWD Insurance menggelar FWD Customer Month untuk menghadirkan pengalaman lebih personal, relevan, dan bermakna. 

Komitmen kepada nasabah juga diperkuat melalui peresmian kantor pemasaran di Bandung sebagai langkah strategis mendekatkan diri dengan masyarakat Jawa Barat.

“Bagi kami, nasabah adalah inti dari strategi dan arah bisnis FWD Insurance. Berbagai rangkaian dalam FWD Customer Month hadir sebagai apresiasi kami, sekaligus langkah untuk memperkuat koneksi dengan nasabah. Kami ingin setiap orang dapat merasa lebih dekat, terlindungi, dan terinspirasi untuk merayakan hidup sepenuhnya,” ucap Rudy.

Rudy menyatakan, hasil studi Customer Program Research yang diselenggarakan FWD Insurance pada 2025 bekerja sama dengan PT Kadence International, 93 persen responden yang memiliki asuransi puas akan kehadiran program loyalitas nasabah. 

Di sisi lain, hal tersebut berpengaruh besar terhadap keputusan dalam membeli asuransi bagi mereka yang belum memilikinya. Hal ini menguatkan pentingnya menghadirkan inisiatif yang berfokus kepada nasabah, salah satunya melalui FWD Customer Month.

Acara ini, ujar Rudi, lebih dari sekadar menunjukkan apresiasi mendalam kepada seluruh nasabah yang telah menjadi bagian dari perjalanan perusahaan, FWD Insurance juga ingin mempererat hubungan dengan nasabah lewat berbagai rangkaian kegiatan FWD Customer Month.

"Seperti Insurance 101 yang membekali pemahaman seputar asuransi, My FWD Story yang menampilkan kisah nyata nasabah, A Night to Celebrate Living yang membangun kedekatan secara langsung, danLong Loop Feedback with Customer, yaitu, sarana mendengar masukan demi peningkatan layanan," ujarnya.

Selain menghadirkan berbagai rangkaian kegiatan dalam FWD Customer Month, dalam kesempatan ini, FWD Insurance juga memperkenalkan FWD Privilege, yakni program loyalitas eksklusif yang dirancang untuk merayakan perjalanan dan kesetiaan para nasabah. 

“FWD Privilege merupakan sebuah wujud apresiasi FWD Insurance kepada nasabah yang terus tumbuh bersama, dan memberikan semangat untuk terus berinovasi, menghadirkan perlindungan finansial yang relevan, serta menciptakan pengalaman yang positif dan bermakna,” tutur Rudy.

Rudy mengatakan, program FWD Privilege juga menawarkan berbagai layanan eksklusif untuk menghadirkan pengalaman nasabah lebih personal dan premium.

Di antaranya, layanan pemeriksaan kesehatan (medical check-up) bebas biaya: nasabah berkesempatan mendapatkan voucher layanan pemeriksaan kesehatan tahunan bebas biaya.

Layanan telekonsultasi medis bebas biaya: nasabah mendapatkan akses konsultasi medis melalui layanan telekonsultasi aplikasi Good Doctor/Grab Health, baik dengan dokter umum dan dokter spesialis.

"Kenyamanan klaim kesehatan. Nasabah mendapatkan proses administrasi rawat inap yang diprioritaskan, hotline khusus untuk rawat inap dan reservasi rawat jalan, serta jaminan 3 hari keputusan klaim manfaat kesehatan/rawat inap," tuturnya.

Sejalan dengan semangat memperluas akses, FWD Insurance juga meresmikan di Bandung sebagai wujud kehadiran yang lebih dekat dengan masyarakat Jawa Barat, yang beralamat di Gedung HQuarters, Lantai 6 (Lot F, G, H), Jalan Asia Afrika Nomor 158, Kelurahan Paledang, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung.

Upaya FWD Insurance dalam berfokus pada nasabah tidak lepas dari dukungan FWD Group. 

“Kami bangga sebagai bagian dari FWD Group, yang baru saja listing di Main Board of The Stock Exchange of Hong Kong Limited. Fokus kami kepada nasabah merupakan semangat dari FWD Group yang diwujudkan di setiap market, termasuk di Indonesia melalui FWD Insurance. Hal ini merupakan upaya kami dalam mewujudkan visi mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi.” ungkap Rudy.

Editor : Agus Warsudi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut