"Alhamdulillah, di luar dugaan ternyata telah banyak lahir inovasi-inovasi dari peserta didik sebagai hasil dari tema-tema yang mereka pilih. Inilah yang membuat kami selaku pendidik juga merasa bangga," ungkapnya.
Suhendiana pun mengaku bersyukur, karena sejak diterapkan disamping telah banyak ide yang lahir dari para siswa, inovasi pembelajaran Tematik-Integratif-Kolaboratif juga mendapat respon positif dari kalangan siswa maupun guru.
Hasil analisis kuesioner pendapat siswa dan guru tercatat sebanyak 89,41% siswa dan 100% guru menyatakan setuju dan sangat setuju pembelajaran tematik integratif kolaboratif dapat meningkatan kemampuan abad-21.
Kemudian sebanyak 87,72% siswa dan 100% guru menyatakan setuju dan sangat setuju pembelajaran tematik integratif kolaboratif dapat meningkatan penguatan Profil Pelajar Pancasila.
"Kuisioner yang kami lakukan juga mencatat sebanyak 82,6% siswa dan 100% menyatakan setuju dan sangat setuju pembelajaran tematik integratif kolaboratif dapat meningkatan perilaku berkelanjutan. Serta 77,4% dan 93,8% guru menyatakan setuju dan sangat setuju pembelajaran tematik integratif kolaboratif dapat memfasilitasi keberagaman siswa," tuturnya.
Editor : Rizal Fadillah
Artikel Terkait