Ridwan Kamil Apresiasi MUJ Jadi Pioner Transisi Energi Daerah

Rizal Fadillah
Kegiatan West Java Energy Forum (WJEF) 2023 yang diselenggarakan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jabar, Kota Bandung. (Foto: Ist)

“Sejalan dengan bisnis yang MUJ terkait energi bersih, pengurangan emisi sudah dijalankan melalui elektrifikasi di berbagai bidang, dengan begitu MUJ melalui MUJI berkontribusi membangun ekosistem energi bersih,” terang Begin. 

Menurut Begin, beberapa proyek berjalan dengan adanya pemasangan PV Rooftop di kantor MUJ dengan kapasitas 20,5 kWp yang menjadi prototipe bisnis MUJI. Selain itu, pengelolaan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) bersama BUMD Tirta Jabar di Cirompang, Kabupaten Garut dengan kapasitas 8 MW. 

“Perusahaan juga terus melakukan pengembangan ke energi lainnya seperti pembangkit listrik yang bersumber dari angin, maupun energi terbarukan lainnya,” ucap Begin.

Hal tersebut sebagai upaya MUJ menjadi aktor inisiasi dalam proses transisi energi di Jawa Barat dengan berbagai strategi dan program kerja yang tersingkronisasi antara pengembangan bisnis migas dan EBT dengan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) dan Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Jawa Barat.

"Harapannya MUJ bisa mewujudkan ketahanan energi melalui fungsi BUMD," ujarnya.

Editor : Rizal Fadillah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network