Ridwan Kamil Beberkan Tiga Jurus Jitu Agar Angklung Semakin Mendunia

Rizal Fadillah
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat meninjau produk ekraf dari Purwakarta, salah satunya angklung yang dapat dibunyikan secara otomatis. (Foto: Disparbud Jabar)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pun mengaku bangga atas capaian Indonesia dalam meraih rekor dunia untuk pergelaran angklung terbesar yang diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu (5/8/2023) lalu.

Rekor pergelaran angklung yang dicatat oleh Guinness World Records (GWR) tersebut diikuti oleh 15.110 peserta. Mereka memainkan alunan harmonisasi angklung dalam sebuah arrangement indah khas Saung Angklung Udjo.

Ridwan Kamil mengatakan, sebagai warisan seni budaya yang berasal dari Sunda, dirinya sangat berharap alat musik angklung bisa semakin mendunia.

Oleh karena itu, dirinya meminta kepada masyarakat khususnya warga Jabar untuk terus menjaga agar angklung tetap menjadi warisan dunia tak benda, salah satunya dengan selalu menggelar berbagai kegiatan memainkan alat angklung secara massal.

Untuk diketahui, angklung sendiri sudah ditetapkan sebagai warisan dunia tak benda oleh UNESCO pada 16 November 2010.

Editor : Rizal Fadillah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network