Ridwan Kamil Beberkan Tiga Jurus Jitu Agar Angklung Semakin Mendunia

Rizal Fadillah
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat meninjau produk ekraf dari Purwakarta, salah satunya angklung yang dapat dibunyikan secara otomatis. (Foto: Disparbud Jabar)

Ridwan Kamil menyebut, ada empat syarat agar angklung tetap masuk kategori sebagai warisan budaya yang dinilai UNESCO. Keempat poin tersebut adalah terjaga, terpelihara, teregenerasikan dan terpromosikan secara luas baik lokal, nasional maupun internasional.

"Keempat poin itu merupakan syarat mutlak dari UNESCO jika angklung ingin tetap menjadi warisan budaya tak benda dunia," ucap Kang Emil, sapaan akrabnya, Sabtu (12/8/2023).

Kang Emil mengatakan, dirinya memiliki tiga jurus jitu dalam menjaga agar angklung tetap menjadi warisan budaya tak benda dunia. Pertama, hibah angklung kepada Kedutaan Besar RI di seluruh dunia.

Untuk keperluan itu, Kang Emil mengaku sejak awal menjadi gubernur sudah berkomunikasi dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Presiden Jokowi agar pada setiap Kedutaan Besar RI di seluruh dunia untuk memiliki instrumen angklung.

"Nanti yang bikin Jabar,” ujarnya.

Editor : Rizal Fadillah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network