Kisah Sukses Ryan Wibawa di World Brewers Cup 2024, Suguhkan Kopi dengan Spirit Bhinneka Tunggal Ika

Rizal Fadillah
Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin saat bertemu dengan Ryan Wibawa di Gedung Sate. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Barista atau penyeduh kopi asal Indonesia, Ryan Wibawa berhasil menorehkan prestasi sebagai juara ketiga pada ajang World Brewers Cup 2024 di Chicago, Amerika Serikat, beberapa waktu lalu.

Ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Ryan pun berbagai pengalamannya saat bersaing dengan para penyeduh kopi kelas atas lainnya yang berasal dari 41 negara yang berbeda pada ajang tersebut.

Ryan mengungkapkan, untuk bisa berkompetisi di World Brewers Cup, dirinya harus mengikuti ajang kejuaraan tingkat nasional terlebih dahulu.

"Untuk bisa mengikuti kejuaraan dunia itu harus lewat kejuaraan nasional dulu. Jadi ada kompetisi nasionalnya dulu di Indonesia, sama Brewers Cup tapi skalanya nasional, jadi ketika udah juara nasional itu bisa jadi representasi Indonesia di kejuaraan dunia," kata Ryan usai bertemu Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, Kamis (16/5/2024).

Dalam ajang World Brewers Cup, kata Ryan, banyak aspek yang menjadi penilaian para juri. Mulai dari karakteristik kopi yang disajikan, kualitas aroma, flavour, after taste, acidity, sweatness, balance, hingga mouth feel.

"Selain menilai kualitas kopinya, dinilai juga pemahaman barista ke kopi yang di serving. Karena saya biasanya akan ngasih tau, oh aromanya A B C bener ga A B C? Kalau jadinya D E F, nilainya akan berkurang, jadi ada penilaian tentang kita ngomongnya Taste Descripted," terangnya.

Salah satu jenis kopi yang dibawa Ryan dalam kompetisi itu adalah kopi Sukawangi Excelsa dari Kabupaten Sumedang. Dirinya pun berhasil menarik perhatian juri lantaran menyuguhkan secangkir kopi yang terinspirasi dari harmonisasi semboyan Indonesia, yakni Bhinneka Tunggal Ika.

"Excelsa ini udah banyak dipakai di Kompetisi Nasional sebelumnya. Di tahun-tahun mungkin 2022-2023 tuh udah mulai bermunculan kopi Excelsa di kompetisi nasional," ungkapnya.

"Sampai akhirnya ketika saya memenangkan kompetisi nasional ini, akhirnya mempunyai konsep bagaimana saya bisa membawakan salah satu kopi Indonesia yang cocok dan bisa saya gabungkan dan membawa bases Bhineka Tunggal Ika ini," tambahnya.

Ryan mengatakan, saat ini dirinya bekerja sebagai Head of Coffee di Common Grounds Coffee Roaster, salah satu coffee shop lokal yang tokonya lebih banyak di Jakarta.

"Sekarang roll nya ga lagi bikin kopi di belakang bar, tapi banyaknya sekarang bikin training, lebih fokus gimana caranya mendevlope barista-barista yang bekerja di Common Grounds, ada proses training, ada pembuatan SOP dan juga RnD menu," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Penjabat Gubernur Jabar, Bey Machmudin mengaku bangga, dengan prestasi yang diraih Ryan Wibana. Terlebih, dirinya juga ikut mempopulerkan kopi Sukawangi Excelsa asal Sumedang kepada dunia.

"Hal ini ikut membanggakan Jawa Barat dan tadi Pak Agung menyampaikan, Kang Ryan menyampaikan bahwa Jawa Barat itu memiliki banyak sekali kopi dan mereka siap membantu untuk mempopulerkan atau menjelaskan kepada publik, Dinas Perkebunan juga siap," katanya.

Semenjak dikenalkan di kompetisi World Brewers Cup 2024, Bey mengatakan jika saat ini kopi Sukawangi Excelsa mulai banyak dilirik oleh para pecinta kopi.

"Pak Yoyo ini petaninya, beliau punya 6 hektare. Dulu tidak terlalu terkenal Excelsa ini tapi sekarang mulai banyak yang melirik lagi setelah menjadi juara di Amerika ini dan tentunya ini sangat baik bagi kita," ungkapnya.

Editor : Rizal Fadillah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network