Koalisi Cek Fakta Sumbar Dideklarasikan untuk Lawan Hoaks di Pilkada Serentak 2024

Agus Warsudi
Cegah hoaks agar Pilkada Serentak 2024 aman dan damai. (FOTO: DOK)

PADANG, iNewsBandungRaya.id - Sejumlah lembaga organisasi di Sumatera Barat mendeklarasikan Koalisi Cek Fakta Sumbar (KCFS) untuk mencegah dan melawan hoaks di Pilkada Serentak 2024. KCFS akan memberi edukasi mitigasi kepada kelompok rentan dan memeriksa kebenaran fakta atas informasi yang beredar saat kontestasi politik berlangsung.

KCFS dibentuk dalam diskusi oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia bersama Cek Fakta, Mafindo, AMSI dan Googlenews Inisiative pada awal Agustus 2024 lalu.

Koalisi ini terdiri atas AJI Padang, Amsi Sumbar, LBH Padang, Walhi Sumbar, Mafindo Padang, PBHI Sumbar, WCC Nurani Perempuan.Serta Pelita Padang, Perkumpulan Qbar, Sekolah Gender, Pusako FH Unand, LP2M, PHP Unand, LAM PK, Yayasan Citra Mentawai dan Aspem Sumbar.

Koordinator Cek Fakta Adi Marsela mengatakan, pembentukan koalisi ini penting dalam meningkatkan literasi masyarakat agar tidak mudah terjebak berita-berita bohong yang banyak beredar, terutama saat kontestasi politik seperti Pilkada Serentak 2024.

"Berita hoaks bisa menyasar siapa saja jika tidak teliti saat menerima informasi. Di lingkaran sosial terkecil seperti keluarga, banyak yang membagikan informasi di WhatsApp Group yang belum tentu kebenarannya," kata Kepala Bidang Internet AJI Indonesia itu.

Editor : Ude D Gunadi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network