BANDUNG,iNews BandungRaya.id - Perkembangan dunia digital yang semakin pesat menjadi sebuah tantangan bagi para palaku usaha untuk bisa menyesuaikan diri.
Hal itu penting agar mereka tidak ditinggalkan konsumen kekinian yang menuntut serba praktis dan cepat.
Untuk itu inovasi menjadi sebuah kata kunci agar pelaku usaha bisa tetap ada di hati para pelanggan setianya.
Hal itu yang dilakukan oleh salah satu produsen kesehatan VIVA Apotek yang kembali menghadirkan layanan kesehatan yang inovatif.
Yakni dengan transformasi digital dengan mengedepankan aksesibilitas, kenyamanan, dan kecepatan layanan.
Langkah inovatif itu adalah dengan peluncuran WhatsApp Commerce, sebuah solusi belanja kebutuhan kesehatan melalui chat interaktif di WhatsApp.
Melalui inovasi ini, pelanggan dapat dengan mudah mencari, berkonsultasi, dan membeli produk kesehatan tanpa harus datang langsung ke apotek.
"Pendekatan digital ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan pelanggan, tetapi juga memperkuat positioning VIVA Apotek sebagai brand apotek modern yang cepat beradaptasi terhadap tren digitalisasi layanan kesehatan," kata Chief Marketing Officer VIVA Apotek, Amanda Mardatillah dalam keterangannya, Minggu (19/10/2025).
Menurutnya, sejak berdiri pada tahun 2012, VIVA Apotek terus bertransformasi menjadi mitra kesehatan pilihan masyarakat Indonesia.
Fakta tersebut yang membuat produsen kesehatan ini kembali mendapat apresiasi di kancah nasional.
Terbaru, pada ajang Brand Indonesia Excellence Award 2025 yang diselenggarakan oleh INFOBRAND.ID beberapa hari lalu di Hotel Sultan, Jakarta, VIVA Apotek berhasil meraih penghargaan bergengsi berkat konsistensinya dalam melakukan inovasi, transformasi digital, dan penguatan merek di industri farmasi dan kesehatan.
Penghargaan ini merupakan hasil nyata dari kepercayaan pelanggan dan kerja keras seluruh tim di lapangan.
Ini bukan hanya bentuk apresiasi, tetapi juga tanggung jawab bagi VIVA Apotek untuk terus menjaga kepercayaan masyarakat.
“Kami berkomitmen untuk terus memperkuat komunikasi brand, memperluas inovasi layanan, dan memastikan setiap pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik bersama VIVA Apotek,” tuturnya.
Dari perspektif marketing, lanjut Amanda, penghargaan ini mencerminkan keberhasilan strategi brand positioning VIVA Apotek yang menonjolkan nilai “Relevan, Adaptif dan Inovatif Dalam Pelayanan”.
Melalui pendekatan omnichannel marketing, sinergi kampanye digital, dan komunitas pelanggan seperti Sahabat VIVA, perusahaan berhasil membangun kedekatan emosional dengan pelanggan sekaligus memperkuat loyalitas terhadap brand.
“Keberhasilan ini tidak terlepas dari kolaborasi lintas divisi dan komitmen bersama seluruh tim VIVA Apotek. Ke depan, kami akan terus berfokus pada pengembangan layanan serta memperluas jangkauan pelanggan, guna mendukung visi menjadi mitra kesehatan terpercaya bagi masyarakat Indonesia," pungkasnya. (*)
Editor : Rizki Maulana
Artikel Terkait