Dalam konteks pelayanan modern, kecepatan tanggapan dan keterbukaan informasi menjadi unsur penting bagi pengalaman warga dalam berinteraksi dengan pemerintah.
Menanggapi hasil survei, Wali Kota Bandung, Muhammad Farhan mengakui perlunya peningkatan, terutama dalam aspek respons layanan dan penanganan isu perkotaan.
"Masih belum cukup baik, jadi memang kita sedang menargetkan supaya bisa mencapai angka mendekati 90. Karena dari 88 ke 89 itu bukan angka yang mudah sama sekali," ucap Farhan usai menghadiri Simposium Survei Kepuasan Masyarakat Semester I Tahun 2025 di Hotel Horison, Rabu (29/10/2025).
Ia menekankan bahwa fokus utama perbaikan adalah pada aspek kecepatan tanggap.
“Kalau sekarang masalah respons. Jadi bagaimana kita merespons terhadap kebutuhan masyarakat, itu yang paling penting. Dan akan kita mulai dari yang paling dasar dulu layanan adminduk dan jalur pengaduan," ungkapnya.
Mengenai isu krusial seperti sampah dan banjir, Farhan menegaskan bahwa ini bukan hanya masalah lokal.
Editor : Rizal Fadillah
Artikel Terkait
