Logo Network
Network

Siaran TV Analog Resmi Dimatikan di Bandung, Masyarakat Harus Beli STB

Aqeela Zea
.
Sabtu, 03 Desember 2022 | 15:19 WIB
Siaran TV Analog Resmi Dimatikan di Bandung, Masyarakat Harus Beli STB
TV analog sudah resmi mati di Bandung. Nonton harus pakai STB Foto: Pinterest

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Siaran TV analog di wilayah siaran Bandung dan sekitarnya resmi dimatikan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Masyarakat Bandung sudah tidak bisa lagi mengakses TV analog mulai 2 Desember 2022 pukul 24.00 WIB.

Penghentian siaran TV analog di Bandung berdasarkan kesepakatan antara lembaga penyiaran swasta dan stakeholder lainnya. Masyarakat nantinya hanya bisa menyaksikan chanenel yang ingin ditonton lewat siaran TV digital.

"2 Desember jam 24.00 WIB, kesepakatan penyiaran swasta akan dihentikan siaran TV analog di lokasi Bandung dan sekitarnya," kata Direktur Penyiaran Ditjen PPI Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia, Sabtu (3/11/2022).

Selain Bandung yang dimatikan, di hari yang sama hal serupa terjadi di Yogyakarta, Solo, dan Batam. Ketika empat daerah ini dimatikan, maka total migrasi TV analog ke digital sudah mencapai 230 kabupaten/kota. Jumlah ini termasuk wilayah 14 kabupaten/kota yang berada di Jabodetabek.

Salah satu tanda siaran TV digital sudah mengudara di antaranya migrasi lembaga penyiaran ke siaran digital, infrastruktur multipleksing serta distribusi set top box (STB) gratis kepada rumah tangga miskin ekstrem.

Jika siaran TV analog dimatikan dan beralih ke TV digital, pemerintah mengkalim akan ada efisiensi penggunaan pita frekuensi 700 MHz atau digital dividend sebesar 112 MHz. Jumlah tersebut bisa digunakan untuk memperbaiki kualitas layanan internet Indonesia.

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini