get app
inews
Aa Read Next : Ditugaskan Maju Pilkada Jakarta, Politikus Nilai Hanya Ridwan Kamil yang Bisa Imbangi Kekuatan Anies

Hasil Survei LSN: Posisi Tiga Teratas Capres Terus Bertahan, Moeldoko Mulai Sodok 5 Besar

Jum'at, 16 Desember 2022 | 16:08 WIB
header img
Peneliti Senior LSN, Gema Nusantara Bakry (kanan) merilis survei terbarunya terkait bakal calon presiden (bacapres) 2024. Foto: Istimewa

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA.ID - Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan terus bertahan di papan atas bakal calon presiden (capres) menjelang Pilprs 2024. Posisi mereka di tiga besar elektabilitas tak tergoyahkan.

Hal itu terungkap dalam hasil survei terbaru yang dirilis Lembaga Survei Nasional (LSN), Jumat (16/12/2022). Salah satu temuan LSN yang menarik dari survei kali ini adalah trend konservatif dinamika elektabilitas para bakal capres. Sejak survei pertama LSN setahun lalu, praktis tidak ada perubahan progresif.

"Persaingan menuju 2024, baik di papan survei maupun dalam realitas politik, telah mengerucut pada tiga nama tersebut. Praktis tidak ada ancaman berarti dari tokoh-tokoh papan tengah apalagi papan bawah," kata Peneliti Senior LSN, Gema Nusantara Bakry dalam keterangannya.

Kendati demikian, kata Gema, berdasarkan analisis LSN dengan berpijak pada hasil survei kali ini yang dilengkapi dengan riset kualitatif dan media monitoring, Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko bisa menjadi satu-satunya capres papan tengah yang berpotensi mengancam hegemoni tiga capres papan atas.

Pada survei LSN Januari 2022, elektabilitas Moeldoko baru mencapai 2,4% dan berada di posisi ke-9. Pada survei kali ini elektabilitas Moeldoko melesat menjadi 4,1% dan berhasil tembus 5 besar dalam papan survei.

"Pada saat yang sama beberapa tokoh papan tengah dan bawah seperti Ridwan Kamil, Andika Perkasa, Erick Thohir, Sandiaga Uno, dan Agus Harimurty Yudhoyono (AHY) elektabilitasnya stagnant, bahkan cenderung menurun," ujar Gema.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut