get app
inews
Aa Read Next : Ditugaskan Maju Pilkada Jakarta, Politikus Nilai Hanya Ridwan Kamil yang Bisa Imbangi Kekuatan Anies

Hasil Survei LSN: Posisi Tiga Teratas Capres Terus Bertahan, Moeldoko Mulai Sodok 5 Besar

Jum'at, 16 Desember 2022 | 16:08 WIB
header img
Peneliti Senior LSN, Gema Nusantara Bakry (kanan) merilis survei terbarunya terkait bakal calon presiden (bacapres) 2024. Foto: Istimewa

Oleh karena itu, Moeldoko nampak paling moncer dan mengalami progres paling signifikan di tengah stagnasi elektabilitas capres-capres papan tengah dan papan bawah. Apabila trend pertumbuhan elektabilitas Moeldoko tersebut bisa terus diakselerasi dan ada partai politik yang berani mendeklarasikannya sebagai capres, bukan tak mungkin mantan Panglima TNI di era SBY itu bisa menjadi kuda hitam yang mengejutkan pada Pilpres 2024 nanti.

Menurut Gema, perkembangan tingkat elektabilitas capres dalam survei LSN kali ini dapat dibagi dalam tiga kluster. Pertama, kluster capres papan atas yang terdiri dari Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Siapa yang terbaik dari ketiga tokoh ini secara metodologi belum bisa ditentukan, mengingat selisih elektabilitas diantara mereka sangat tipis (di bawah margin of error).

"Tingkat elektabilitas masing-masing berkisar antara 20% hingga 25% dan terpaut jauh dengan elektabilitas capres-capres di bawahnya," jelas Gema.

Kedua, kluster capres papan tengah yang terdiri dari beberapa tokoh yang memiliki elektabilitas antara 2% hingga 8%. Mereka yang termasuk dalam kluster ini adalah Ridwan Kamil (7,3%), Moeldoko (4,1%), Andika Perkasa (2,7%), Sandiaga Uno (2,5%), AHY (2,4%), dan Erick Thohir (2,0%).

"Para capres dalam kluster ini kendati elektabilitasnya sebagai capres belum signifikan namun hampir semuanya dalam penilaian responden layak menjadi calon wakil presiden (cawapres)" ungkap Gema.

Ketiga, kluster capres papan bawah yang terdiri dari para tokoh yang tingkat elektabilitasnya tidak pernah melewati angka 2%. Mereka yang termasuk dalam kluster ini adalah Puan Maharani (1,7%), Airlangga Hartarto (0,9%) dan Muhaimin Iskandar (0,4%). Ketiga tokoh ini selain elektabilitasnya sebagai capres rendah, juga tidak dinominasikan publik sebagai cawapres.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut