BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Terus konsisten memberikan pelayanan terbaik, BPJS Ketenagakerjaan memperkenalkan wajah baru layanan BPJS Ketenagakerjaan Bandung Suci di Bandung pada Selasa (21/3/2023).
Kepala Kantor Wilayah Jawa Barat BPJS Ketenagakerjaan, Romie Erfianto mengatakan, perubahan ini merupakan jawaban atas kebutuhan para peserta yang menginginkan layanan modern, mudah dan cepat
"Pada hari ini kami menyelenggarakan House Warming untuk memperkenalkan wajah baru layanan BPJS Ketenagakerjaan," ucap Romie.
"Kini tampilan kantor cabang kami menjadi lebih fresh dan hangat, sekaligus ramah disabilitas," tambahnya.
Romie mengatakan, BPJS ketenagakerjaan sedang memperbaharui semua ruang layanan di seluruh Indonesia, salah satunya yaitu di BPJS Ketenagakerjaan Bandung Suci.
"Kami ingin memberikan pengalaman yang positif kepada stakeholder, dan peserta yang datang ke Kantor Cabang," ungkapnya.
Proses perubahan ini telah dimulai sejak Maret 2022 dan hingga saat ini prosesnya masih terus berjalan di kantor cabang seluruh Indonesia. Adapun konsep dasar gedung BPJS ketenagakerjaan terbaru adalah modern, identitas, corporate color, trust, transparansi dan green design.
Dengan perkembangan waktu, konsep gedung Kantor BPJS Ketenagakerjaan mengalami perubahan menjadi lebih modern, menyesuaikan perkembangan zaman, sebagai bentuk identitas, dan transparan.
"Hal ini dapat dilihat dari penggunaan dinding kaca ruangan kami yang menginspirasikan sikap kami yang transparan kepada stakeholder," imbuhnya.
"Kami juga berharap dengan konsep gedung yang sama di semua Kantor Cabang dapat menunjukan identitas resmi BPJS Ketenagakerjaan," sambungnya.
Selain kanal fisik, pihaknya juga terus mengembangkan aplikasi Jamsostek Mobile (JMO), aplikasi JMO dapat diakses dari HP peserta. Melalui aplikasi ini, peserta dapat mengupdate data pribadi, mengakses berbagai informasi fasilitas layanan kecelakaan kerja dan informasi lainnya, mendaftar menjadi peserta bahkan melakukan klaim.
Sedangkan untuk peserta yang belum memiliki HP, pihaknya menyiapkan ruang layanan 24/7, fasilitas ini dapat digunakan untuk mendapatkan berbagai layanan online sebagaimana yg terdapat pada applikasi JMO.
Romie menambahkan, selama periode tahun 2022 pihaknya telah membayarkan klaim sebanyak 782 ribu kasus dgn nilai manfaat 6,5 T yang terdiri dari pembayaran manfaat 5 program JHT, JKK, JKM, JKP dan JP.
Selain program utama tersebut BPJS Ketenagakerjaan terus meningkatkan layanan dan manfaat diantaranya terdapat Manfaat Layanan Tambahan yang dapat dinikmati oleh seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan antara lain Beasiswa bagi anak pekerja, program kepemilikan rumah dan Sarana Kesejahteraan peserta berupa Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa), pungkas Romie.
Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, inovasi baru dari BPJS Ketenagakerjaan mempermudah masyarakat untuk mengklaim serta mendapatkan informasi mengenai asuransi jaminan sosial.
"Saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi lahirnya pelayanan baru BPJS Ketenagakerjaan Jawa Barat dengan sistem dan tempat yang baru ini menunjukan komitmen BP Jamsotek untuk melayani masyarakat lebih baik dan prima lagi," kata Wagub Uu, dalam acara House Warming BPJS Ketenagakerjaan.
Beragam inovasi layanan ini diharapkan mampu mempermudah peserta dalam melakukan klaim manfaat jaminan sosial.
"Para tenaga kerja dan perusahaan dapat mendorong para karyawannya untuk segera terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan. Berikan pemahaman, bila perlu diwajibkan seluruh pekerja harus masuk BPJS Ketenagakerjaan. Hal tersebut akan jauh lebih bagus. Sebab, menjadi salah satu solusi dalam masalah sosial masyarakat mengenai tenaga kerja," tandasnya.
Editor : Rizal Fadillah