get app
inews
Aa Read Next : Lari Sepanjang 7 Km di Bandung, AHY Harap El Run Jadi Event Tahunan di Bandung

Ketum Demokrat AHY: Sistem Proporsional Tertutup Tidak Sehat

Rabu, 29 Maret 2023 | 12:41 WIB
header img
Ketua Umum Demokrat, Agus harimurti Yudhyono (AHY) saat safari ramadhan di Bandung. Foto: Istimewa

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - DPP Partai Demokrat akan terus mengawal jalannya sistem pemilu yang akan dipakai pada 2024. Hingga hari ini, Demokrat konsisten menentang keras wacana mengembalikan sistem pemilu proporsional tertutup.

Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menilai, sistem proporsional tertutup akan membuat demokrasi Indonesia mundur sekian tahun ke belakang. Bahkan masa depan Indonesia suram ketika hak rakyat dirampas melalui sistem tersebut.

"Sistem pemilihan tertutup berarti hak rakyat untuk bisa memilih calon wakil rakyatnya secara langsung orang per orang itu kan tidak lagi berlaku. Artinya masyarakat hanya memilih partai politik, lalu partai politik lah yang akan menentukan siapa yang akan duduk di parlemen, tidak adil," kata AHY saat Safari Ramadhan di Kota Bandung, Selasa (28/3/2023) malam.

Menurut AHY, hak memilih langsung calon pemimpin maupun wakil rakyat selama ini sudah dimiliki masyarakat dan berlaku baik. Walaupun AHY tak menampik tidak ada sistem yang sempurna dan ideal, termasuk sistem proporsional terbuka.

"Tapi itu jauh lebih baik dibandingkan dengan sistem proporsional tertutup," ujar AHY.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut