get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Cimahi Pastikan Stok Air Bersih Aman saat Musim Kemarau

Pemkot Cimahi Pastikan Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah

Jum'at, 31 Maret 2023 | 12:53 WIB
header img
Pemkot Cimahi Pastikan Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah. (Foto: cimahikota.go.id)

"Karena pangan sangat penting bagi pertumbuhan, pemeliharaan dan peningkatan derajat kesehatan, serta kecerdasan masyarakat untuk melaksanakan pembangunan nasional, sebagaimana diamanatkan dalam pembukaan Undang-undang pembukaan 1945," tambahnya.

Dikdik mengatakan, keamanan pangan adalah hak, tidak terkecuali bagi anak sekolah yang sedang dalam masa pertumbuhan. Salah satu sumber makanan yang sangat dikenal dan disukai anak sekolah adalah pangan jajanan.

"Pangan jajanan yang berada di lingkungan sekolah menjadi bagian yang tidak dapat diabaikan dalam pasokan makanan bagi anak-anak sekolah. Mengingat setiap hari anak-anak menghabiskan waktunya di sekolah, pangan jajanan tersebut menyumbang asupan energi yang bersumber dari lemak, karbohidrat, dan lain-lain," terangnya.

Oleh karena itu, pangan jajanan di sekolah perlu mendapat perhatian agar terbebas dari cemaran kimia, fisika, maupun mikrobiologi, baik itu pangan jajanan dari kantin sekolah maupun pedagang keliling di sekitar sekolah. 

Pangan jajanan anak sekolah merupakan contoh dimana sekolah memiliki peran penting dalam pencapaian kesehatan masyarakat. Terutama kesehatan para pelajar karena mereka adalah aset bangsa Indonesia yang akan menjadi penerus kita di masa akan datang.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut