BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek terus berusaha meningkatkan pelayanan kepada para pesertanya. Salah satu bentuk pelayanan kepada peserta adalah adanya aplikasi JMO (Jamsostek Mobile).
Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Bandung Suci, Agus Hariyanto mengatakan, peserta BPJamsostek bisa merasakan manfaat lebih dari berbagai kemudahan di fitur-fitur aplikasi JMO. Aplikasi tersebut diakuinya hadir untuk mempermudah pelayanan kepada peserta.
"Dengan aplikasi ini, diharapkan peserta dapat melakukan pengurusan data dan klaim dari manapun dan kapan saja tanpa harus datang ke kantor BPJamsostek," kata Agus dalam keterangannya, Selasa (6/6/2023).
Agus menjelaskan, aplikasi JMO adalah bagian layanan BPJamsostek untuk pelayanan terbaik kepada peserta. Aplikasi JMO bisa didownload di play store maupun app store, untuk tutorial penggunaan JMO bisa akses melalui www.bpjsketenagakerjaan.go.id/jmo/.
“Selain untuk pengajuan klaim JHT dengan saldo di bawah 10 juta, terdapat sejumlah fitur lain dalam aplikasi JMO, seperti info program BPJS Ketenagakerjaan, pembayaran iuran, pengkinian data, daftar BPU, info mitra layanan, pengajuan dan pelacak klaim JHT, simulasi saldo JHT dan JP, kartu digital, promo, streaming, topup dan tagihan, e-wallet, perumahan pekerja hingga dana siaga. Semua fitur terbaru dari JMO tersebut dapat dimanfaatkan oleh peserta,” jelas Agus.
Dalam aplikasi JMO juga memperkenalkan sebuah gerakan nasional yang diberi nama “SERTAKAN” Sejahterakan Pekerja Sekitar Anda. Melalui gerakan ini, BPJamsostek ingin mengajak seluruh pekerja formal atau Penerima Upah (PU) untuk turut peduli terhadap perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan para pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) atau pekerja informal yang ada di sekitar kita.
Dalam mendukung gerakan tersebut, BPJamsostek juga meluncurkan sebuah fitur baru yang kian mempermudah pekerja BPU melakukan pendaftaran dan pembayaran iuran dalam satu aplikasi di JMO. Fitur pendaftaran BPU ini merupakan pengembangan dari menu pendaftaran peserta yang sebelumnya sudah ada di JMO.
Inovasi ini adalah jawaban atas kebutuhan para peserta yang selama ini peduli terhadap perlindungan dan kesejahteraan para pekerja BPU di sekitar mereka, seperti asisten rumah tangga (ART), supir pribadi atau bahkan pekerja rentan di sekitar lingkungan tempat tinggal.
“Dengan hadirnya berbagai kemudahan layanan ini, diharapkan pekerja mendapatkan informasi lebih lengkap, lebih mudah dan lebih cepat dalam satu genggaman,” tutup Agus.
Editor : Zhafran Pramoedya