get app
inews
Aa Read Next : Dukung Fatwa MUI, Persis Minta Muslim Tak Beli Kurma Produk Israel

Benarkah Membaca Surat Al Waqiah Tidak Akan Miskin? Ini Penjelasannya

Senin, 11 September 2023 | 07:34 WIB
header img
Benarkah Membaca Surat Al-Waqi’ah Tidak Akan Miskin? (Foto: Ilustrasi/Ist)

Kemudian, orang yang membaca surat Al Waqiah, akan dicatat tidak tergolong dalam barisan orang-orang yang lalai. Lalu, orang yang membaca surat Al Waqiah pada malam Jum’at, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, dan penyakit dunia.

Selanjutnya, orang yang membaca surat Al Waqiah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya bercahaya seperti bulan purnama. Dan surat al Waqiah adalah surat kekayaan.

Menurut Sekretaris Dewan Hisbah Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP Persis), Amin Muchtar, keutamaan-keutamaan dan khasiat membaca surat Al Waqiah sedemian itu merujuk pada sejumlah hadis yang derajatnya dha’if, bahkan sebagian lainnya palsu (Mawdhu’).

"Oleh karena itu tentang keutamaan surat ini penting untuk diterangkan kembali agar diketahui oleh umat mana yang benar dan mana yang keliru," ucap Amin Muchtar dikutip Senin (11/9/2023).

Amin Muchtar menjelaskan, Fadhilah atau keutamaan surat Al Waqiah disebutkan dalam hadis shahih antara lain:

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ : قَالَ أَبُو بَكْرٍ : يَا رَسُولَ اللهِ ، قَدْ شِبْتَ قَالَ : شَيَّبَتْنِي هُودٌ وَالْوَاقِعَةُ وَالْمُرْسَلَاتُ وَ { عَمَّ يَتَسَاءَلُونَ } وَ { إِذَا الشَّمْسُ كُوِّرَتْ }

Dari Ibnu Abbas Ra., ia berkata, “Abu Bakar berkata, ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya engkau telah beruban?” Maka beliau bersabda, ‘Aku telah dijadikan beruban oleh surah Huud, al-Waaqi’ah, al-Mursaalaat, ‘Amma Yatasaa’aluun, dan Idzasy syamsu Kuwwirat.” HR. At-Tirmidzi, Sunan At-Tirmidzi, 5/325, No. 3297.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut