get app
inews
Aa Read Next : Dukung Fatwa MUI, Persis Minta Muslim Tak Beli Kurma Produk Israel

Benarkah Membaca Surat Al Waqiah Tidak Akan Miskin? Ini Penjelasannya

Senin, 11 September 2023 | 07:34 WIB
header img
Benarkah Membaca Surat Al-Waqi’ah Tidak Akan Miskin? (Foto: Ilustrasi/Ist)

Diriwayatkan pula oleh Imam Ibnu Sunniy di dalam kitab ‘Amal al-Yawmi wal Lailah, No. 680, dan Imam Al-Baihaqi dalam Syu’ab Al-Iman II/491 No.2499, dan selainnya. Semuanya bertumpu pada rawi Abu Syuja’, dari Abu Zhabyah/Thaybah, dari Ibnu Mas’ud Ra.

Imam Ahmad bin Hanbal, Abu Hâtim ar-Râzi, Abdurrahman bin Abi Hatim, ad-Daruquthni, al-Baihaqi dan selainnya melemahkan hadis ini. Penyebab dhaifnya antara lain, rawi Abu Zhabyah/Abu Thaybah majhul (tidak dikenal), sebagaimana dinyatakan oleh Abu Hatim Ar-Raziy (Lisaan Al-Mizan, IX: 103)

Dalam riwayat lain:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا، وَمَنْ قَرَأَ كُلَّ لَيْلَةٍ {لاَ أُقْسِمُ بِيَوْمِ الْقِيَامَةِ} لَقِيَ اللهَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَوَجْهُهُ فِي صُوْرَةِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ

“Barangsiapa membaca surat al-Waqi’ah setiap malam maka dia tidak akan jatuh miskin selamanya. Dan barangsiapa setiap malam membaca Surat al-Qiyâmah maka dia akan berjumpa dengan Allâh pada hari kiamat sedangkan wajahnya bersinar layaknya rembulan di malam purnama.”

Hadis ini diriwayatkan oleh Imam ad-Dailami dari jalan Ahmad bin Umar al-Yamami dengan sanadnya sampai Ibnu ‘Abbâs Ra. Hadis ini disebutkan juga oleh Imam as-Suyuthi dalam Dzailul Âhâdîts al-Mawdhû’ah, No. 177.

Imam Ahmad berkata,” Ahmad al-Yamami adalah rawi yang kadzdzab (yang suka berdusta). Para ulama menghukuminya sebagai hadits palsu. [Lihat, Silsilah Âhâdîts adh-Dha’îfah, No. 290].

Amin Muchtar mengungkapkan, ada dua kesimpulan yang bisa diambil berdasarkan dalil dan berbagai penjelasan tersebut. Pertama, terdapat keutamaan membaca surat Al Waqiah tanpa ditentukan waktu pembacaannya.

"Kedua, keutamaan membaca surat Al Waqiah pada waktu tertentu dengan keyakinan tertentu hanya berdasar hadis dhaif," tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut