get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Disematkan Pusaka Kujang, Putra Terbaik Nusantara Setelah Gajah Mada dan Soekarno

Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Dipercaya Publik Mampu Wujudkan Kedaulatan Pangan

Senin, 23 Oktober 2023 | 14:03 WIB
header img
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. (Foto: Azis Indra)

JAKARTA, iNewsBandungRaya.id - Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dinilai sebagai sosok pasangan Capres-cawapres 2024 yang dianggap mampu mewujudkan kedaulatan pangan.

Hal ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan kitapolling.com pada tiga kandidat pasangan capres-cawapres pada Pilpres 2024 terhadap isu kedaulatan atau swasembada pangan. Survei ini dilakukan pada 20-22 Oktober 2023.

Dari total 2026 audiens, sebanyak 1442 atau 71,2 persen memilih Ganjar Pranowo, sedangkan Prabowo Subianto dipilih 347 atau 17,1 persen dan Anies Baswedan sebanyak 237 atau 11,7 persen.

Peneliti kitapolling.com, Budi Satria Dewantoro menilai, dalam polling itu tidak hanya isu pangan. Kepercayaan terhadap pemimpin masa depan yang mampu menjaga luas lahan pertanian agar tak menjadi lahan industri, juga muncul.

“Untuk topik bakal capres yang mampu menjaga luas lahan pertanian beralih fungsi menjadi lahan industri dan pemukiman, pasangan Ganjar paling banyak dipilih,” ucap Budi dalam keterangannya, Senin (23/10/2023).

Budi mengungkapkan, hasil polling soal isu lahan di antaranya, Ganjar Pranowo dipilih 1561 atau 74,4 persen suara, Prabowo Subianto sebanyak 281 atau 13,4 persen suara dan Anies Baswedan mencapai 255 atau 12,2 suara suara dari total keseluruhan 2097 audiens.

Sedangkan pada isu lainnya yaitu kepercayaan publik terhadap presiden yang mampu memangkas persentase kemiskinan, juga jadi sorotan audiens.

“Pada isu lainnya yakni berkenaan dengan capres yang mampu mengurangi jumlah penduduk miskin di Indonesia ada 2863 audiens. Dan pasangan Ganjar - Mahfud meraih suara tertinggi,” jelasnya.

Budi menyebut, Ganjar Pranowo dipilih 2042 atau 71,3 persen suara, Prabowo Subianto dipilih 438 atau 15,3 persen suara dan Anies Baswedan mencapai 383 13,4 persen suara.

Untuk menjamin kemurnian system polling online ini, setiap audiens tidak diperkenankan memilih berulang kali. Dimana setiap kecurangan yang dilakukan akan dianulir, termasuk dalam hal ini semua suara yang berindikasi dilakukan pemilih robotik.

Budi menilai, sosok Ganjar muncul paling dominan dalam hasil polling karena diprediksi mampu menjawab kerumitan isu pangan dan lahan pertanian karena pengalamannya jadi Gubernur Jawa Tengah.

“Audiens juga menilai Ganjar bisa mengurangi kemiskinan dengan signifikan,” ujarnya.

Budi mengatakan, terkait hasil polling pasangan Prabowo Subianto - Gibran dan Anies - Muhaimin yang berbeda jauh karena kedekatan dengan kondisi atau permasalahan mendasar rakyat masih berjarak dibandingkan Ganjar dalam menangani akses pangan dan kemiskinan.

“Kemudian terhadap Anies-Muhaimin dari polling ini justru tidak terlihat anomali, karena di banyak survey terakhir posisi mereka selalu terbawah,” tandasnya.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut