get app
inews
Aa Read Next : Ditugaskan Maju Pilkada Jakarta, Politikus Nilai Hanya Ridwan Kamil yang Bisa Imbangi Kekuatan Anies

Jejak Program Ridwan Kamil di Bandung dan Dedi Mulyadi di Purwakarta

Jum'at, 16 Februari 2024 | 16:44 WIB
header img
Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi. (Foto: net)

- Dedi Mulyadi, Bupati Purwakarta 2008-2018

1. Program Perelek

Meski bukan merupakan daerah rawan pangan, namun beragam upaya dilakukan Pemkab Purwakarta untuk mengantisipasi bila terjadi kesulitan bagi warganya. Program Perelek di dalamnya terdapat subsidi silang antar warga yang mampu dengan kurang mampu.

Program itu dilakukan oleh seluruh masyarakat di Kabupaten Purwakarta dengan menyisihkan beras 1/4 gelas per hari atau sekitar satu liter per minggu. Beras yang disisihkan nantinya akan diambil oleh para ketua RT atau linmas.

Selanjutnya para pengepul beras akan melaporkan hal tersebut melalui program E-Pabeasan yang terpusat pada website Pemkab Purwakarta.

Jika nantinya kebutuhan masyarakat terhadap beras sudah terpenuhi maka beras yang dikumpulkan akan dijual. Sementara hasil penjualan beras tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan seperti kelengkapan pos RW, pos ronda, atau pun aset lainnya.

2. Program Keluarga Angkat

Program ini memiliki skema berupa bantuan dari keluarga mampu kepada keluarga yang tidak mampu. Adapun bantuan yang diberikan menurutnya dapat berupa beras sebanyak 10 liter setiap bulan.

Editor : Rizal Fadillah

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut