get app
inews
Aa Read Next : Kukuhkan TP2GD, Bey Harap Lebih Banyak Tokoh Jabar Jadi Pahlawan Nasional

Pj Gubernur Jabar Akui Peran Inspektur Daerah Dalam Terwujudnya Pemerintah Bersih dan Transparan

Selasa, 30 Juli 2024 | 09:45 WIB
header img
Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin. Foto: Istimewa.

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin menyebut Inspektur Daerah dinilai menjadi ujung tombak terdepan dalam memastikan terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih di setiap daerah.

Hal itu disampaikan Bey saat membuka Rapat Koordinasi Forum Inspektur Daerah Seluruh Indonesia (FIDSI) Tahun 2024 bertema "Penerapan Manajemen Risiko dalam Pencapaian Indikator Makro Pembangunan Daerah", di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (29/7/2024) malam.

Bey merasakan langsung peran Inspektur Daerah dalam mewujudkan tercapainya pemerintahan yang transparan, akuntabel dan bebas dari korupsi.

Selain itu, Inspektorat Daerah juga sebagai wadah meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dalam menjalankan tugas pengawasan internal yang efektif dan itu merupakan kunci yang sangat fundamental untuk mencegah penyimpangan sejak dini.

"Penguatan fungsi pengawasan tidak hanya audit dan inspeksi tapi juga harus dapat memastikan bahwa setiap rekomendasi, hasil pemeriksaan ditindaklanjuti dengan serius oleh pemangku kebijakan," tegasnya.

Pembangunan daerah merupakan tulang punggung dalam pembangunan nasional dan pencapaian indikator pembangunan daerah harus jadi prioritas bagi semua.

Untuk itu, Bey mengingatkan pentingnya kolaborasi dan sinergi antara seluruh inspektorat di seluruh Indonesia, dalam berbagai informasi dan inovasi dan best practices dalam pengawasan untuk saling memperkuat dan memberikan dampak yang lebih besar dalam penciptaan pemerintahan yang bersih dan berintegritas.

"Saya imbau, bahwa dalam menjalankan tugas inspektur daerah garda terdepan menjaga integritas dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah," ungkapnya.

Terakhir, Bey berharap Inspektur Daerah tidak pernah terlibat dan tidak pernah menjadi bagian dari praktik tidak beretika yang dapat merusak kepercayaan publik dan menghambat pembangunan.

"Dengan menjaga integritas kita dapat memastikan bahwa secara setiap rupiah yang dianggarkan dapat digunakan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut