get app
inews
Aa Read Next : Simak Tips Berwisata di Turki, Ciptakan Pengalaman Perjalanan Tak Terlupakan

Pesona Assos, Permata Aegean di Kaki Gunung Ida Utara Turki 

Kamis, 26 September 2024 | 14:50 WIB
header img
Pemandangan indah Sivrice, Assos, Aegean. (FOTO: ISTIMEWA)

Kota Kuno Assos nan Megah 

Yang membuat garis pantai Assos begitu memikat adalah Kota Kuno Assos, terletak di atas bukit vulkanik tidak aktif. Kota Kuno Assos menawarkan pemandangan menakjubkan dari laut  Aegean di bawah kaki Anda. 

Sejarah kota ini berasal dari abad ke-6 Sebelum Masehi (SM). Kota kuno ini, yang hingga saat ini menarik perhatian dengan tembok-tembok megah yang masih bertahan dan struktur luar biasa yang ditemukan selama penggalian arkeologi, dimasukkan dalam daftar sementara Warisan Budaya Dunia UNESCO pada Mei 2017. 

Salah satu tokoh terkenal di kota ini adalah filsuf Aristoteles, yang mendirikan sekolah filsafat di sini. Kuil Athena adalah kuil yang menjadi salah satu harta karun yang wajib dikunjungi di kota kuno ini. Terletak di Acropolis Assos, Kuil Athena didedikasikan untuk Dewi Athena, yang dikenal sebagai pelindung kota. 

Selain memukau dengan tiang-tiang dan pemandangan laut yang menakjubkan, bangunan ini juga memiliki nilai arsitektural yang penting sebagai satu-satunya contoh Kuil Arkaik-Dorik di wilayah Anatolia. Mengunjungi kuil ini di titik tertinggi kota, terutama saat matahari terbenam, adalah pengalaman yang tak terlupakan. 

Setelah menikmati matahari terbenam, Anda bisa menjelajahi bagian lain dari kota ini, seperti, Agora, Gimnasium, dan teater terbuka.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut