get app
inews
Aa Read Next : Simak Tips Berwisata di Turki, Ciptakan Pengalaman Perjalanan Tak Terlupakan

Pesona Assos, Permata Aegean di Kaki Gunung Ida Utara Turki 

Kamis, 26 September 2024 | 14:50 WIB
header img
Pemandangan indah Sivrice, Assos, Aegean. (FOTO: ISTIMEWA)

Desa Behramkale
 
Desa Behramkale adalah sebuah pemukiman kecil di dalam tembok kota kuno. Berjalan melalui jalan-jalan sempit desa ini, Anda akan menemukan rumah-rumah bersejarah yang merupakan contoh luar biasa dari keahlian arsitektur batu. 

Selain itu, para wanita desa menjual suvenir dan produk makanan buatan di kios-kios atau toko kecil di sepanjang jalan. Di sini, wisatawan bisa menemukan banyak produk lokal dan alami, dari berbagai jenis rempah hingga minyak zaitun buatan sendiri, serta “tarhana”, yaitu, sejenis sup lezat dengan sayuran, yogurt asam, rempah-rempah aromatik, dan hasil kerajinan tangan renda.

Desa ini juga memiliki masjid dan jembatan dari era Ottoman. Masjid Hüdavendigar, yang dibangun pada abad ke-14 dengan denah persegi dan satu kubah, terkenal dengan motif geometris rumit di mihrabnya. Jembatan Hüdavendigar, yang melintasi Sungai Tuzla dekat Behramkale, mengesankan secara arsitektural dengan lengkungan-lengkungan yang dibuat dengan teliti. 

Anda bisa berjalan melintasi jembatan elegan berusia 600 tahun ini, yang ditutup untuk lalu lintas kendaraan. Assos juga layak dijelajahi karena desa-desa lokal yang indah di sekitarnya. Desa-desa bersejarah, menawan, dan penuh pesona seperti Yesilyurt dan Adatepe, yang hanya berjarak setengah jam dari Assos, harus ada dalam daftar kunjungan wajib Anda di wilayah ini. 

Saat mengunjungi Desa Adatepe, Anda bisa menjelajahi Museum Minyak Zaitun Adatepe. Sebagai museum minyak zaitun pertama di Türkiye, kompleks ini memungkinkan Anda mengamati semua tahapan produksi minyak zaitun.


Hüdavendigar di Assos, Canakkale, Aegean, Turki. (FOTO: ISTIMEWA)

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut