Anniversary ke-90, Nostalgia dengan Sejarah dan Prestasi Persib Bandung

Rizal Fadillah
Skuad Persib Bandung musim 2022/2023. (Foto: Persib.co.id)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Persib Bandung genap berusia 90 tahun tepat di hari ini, Selasa (14/3/2023). Momen fusi dua perkumpulan sepakbola pribumi yaitu National Voetball Bond (NVB) dan Persatuan Sepakraga Indonesia Bandoeng (PSIB) pada 14 Maret 1933 ditetapkan founding father Persib sebagai hari jadi yang selalu diperingati hingga saat ini.

Sebenarnya, geliat sepakbola Bandung sudah dirasakan sejak akhir abad ke-19. Dipelopori orang-orang Belanda dan Eropa, pada awal abad ke-20, klub-klub sepakbola mulai berdiri dan bertanding di Bandung seperti Bandoeng Voetbal Club (1900), UNI dan SIDOLIG (1903), serta diikuti klub-klub lainnya.

Di antara orang-orang Belanda dan Eropa, terdapat nama Bupati R.A.A. Wiranatakusumah yang memiliki peran di balik pendirian klub-klub sepakbola tertua di Bandung tersebut, terutama BVC dan UNI.

Berdasarkan sejumlah sumber literasi, pada tahun 1923 berdiri sebuah perkumpulan sepakbola (bond) bernama Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond (BIVB) yang diketuai Mr. Sjamsoedin.

Sejarawan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Drs. Andi Suwirta mengungkapkan, pengurus Persib bisa saja menetapkan tahun 1923 ketika BIVB berdiri sebagai hari jadi Persib. Sebab menurutnya, BIVB merupakan cikal bakal lahirnya nama Persib di tahun 1933.

Editor : Rizal Fadillah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6 7

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network