Masyarakat Diminta Waspadai Kebocoran Data Pribadi

Abbas Ibnu Assarani
Masyarakat Diminta Waspadai Kebocoran Data Pribadi. (Foto:Istimewa)

Sementara itu, pemateri Cakap Digital mengungkapkan Litani B Wattimena Anatomi digital menjadi penting untuk diketahui, diantaranya ada software, hardware dan brainware dan cakap digital adalah ketika kegiatan anatomi itu dapat berjalan seimbang.

Menurutnya, Cakap digital adalah kemampuan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan bijak melalui media digital, dimana setiap orang mampu menggunakan critical thinking nya dalam mengamankan data pribadi. 

Adapun data pribadi ini dapat dibagi menjadi dua jenis, pertama adalah data umum yang meliputi nama lengkap, kewarganegaraan, agama dll. 

“Kedua adalah data pribadi yang tidak bisa disebar luas tanpa alasan yang rasional, diantaranya adalah informasi kesehatan, informasi perbankan, informasi biometrik dan data lainnya yang ditentukan oleh peraturan perundang-undangan,” ungkap Litani.

Ditempat yang sama, pemateri Aman Digital  La Rane Hafied mengatakan keamanan digital adalah sebuah proses untuk memastikan penggunaan layanan digital, baik secara daring maupun luring dapat dilakukan secara aman. 

La menambahkan  bahwa tidak hanya untuk mengamankan data yang kita miliki melainkan juga melindungi data pribadi yang bersifat rahasia. “Perangkat digital memiliki peran vital dalam melakukan aktivitas digital dan Perangkat digital memiliki beragam informasi penting: galeri foto dan video pribadi, daftar kontak, data keuangan,” tambahnya. (*)

Editor : Abdul Basir

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network