Ratusan Lansia di Kota Solo Ikut Pelatihan Digital Cegah Hoaks Pilkada Serentak 2024

Agus warsudi
Ilustrasi hoaks. Hoaks yang marak menjelang pilkada serentak harus diwaspadai. Masyarakat wajib melakukan validasi atas informasi yang didapat. (FOTO: ILUSTRASI/ISTIMEWA)

Pimpinan Ranting Muhammadiyah Sumber Nayu Cabang Solo Utara Ridwan Sukimin,  mengatakan dirinya memperoleh banyak manfaat selama mengikuti kegiatan ini. Terutama wawasan tentang ciri-ciri hoaks dan bagaimana menyikapi hoaks.

“Melalui acara ini kami menjadi tetap bugar digital dan tidak jatuh sakit digital. Tadi belajar mengenali ciri-ciri hoaks dan jika mendapatkan berita menyedihkan dan menyenangkan patut waspada. Apalagi kalau ada undangan yang sifatnya aplikasi jangan di-klik,” kata Ridwan.

Lilik Tri Prihantini, guru SMP Muhammadiyah 10 Solo mengatakan, baru sekali mengikuti kegiatan ini. Menurut dia, kegiatan akademi digital lansia sangat bermanfaat terutama untuk lansia.

Biasanya jika sudah lansia maka aktivitas berhenti. Dengan adanya kegiatan seperti ini mampu memanfaatkan gadget dengan baik.

“Kami diberitahu ciri-ciri berita hoaks atau bukan. Hal itu membuat lansia mampu menghindari berita hoaks sehingga hidup tenang dan bermanfaat,” kata Lilik.

Editor : Ude D Gunadi

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network