Ketua Tim Paslon EDUN Minta Perumus Debat Pilkada oleh KPU KBB Figur Netral

Adi Haryanto
Ketua Tim Pemenangan Paslon EDUN (Edi-Unjang), Encep Irwan Herdiansyah. Foto/Istimewa

BANDUNG BARAT,iNews BandungRaya.id - Debat perdana Pilkada Kabupaten Bandung Barat (KBB) oleh Komisi Pemilihan Umum KBB akan digelar, Selasa (29/10/2024).

Ketua Tim Pemenangan Paslon EDUN (Edi Rusyandi-Unjang Asari), Encep Irwan Herdiansyah menginginkan, debat perdana Pilkada KBB 2024 berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan.

Yakni bisa menghasilkan tontonan yang berkualitas kepada masyarakat. Sehingga 1,3 juta pemilih di KBB bisa mengetahui kemampuan dan kapasitas dari masing-masing calon sebelum mereka menentukan pilihannya.

"Paslon EDUN siap untuk mengikuti debat pertama oleh KPU KBB dan semoga dilancarkan nantinya," kata Encep usai menerima kunjungan Komisioner KPU KBB di kantor DPC HKTI KBB di Batujajar, Sabtu (19/10/2024).

Encep mengatakan, Paslon EDUN sejatinya sangat siap mengikuti tahapan debat Pilkada KBB. Apalagi calon Bupati Bandung Barat Edi Rusyandi dan calon Wakil Bupati Bandung Barat Unjang Asari notabenenya mengetahui seluk beluk dan kultur di KBB.

Terkait teknis pelaksanaan debat, pihaknya sudah mendapatkan informasi dari Ketua KPU KBB dan jajarannya. Bahwa debat akan digelar sebanyak dua kali, yakni pada 29 Oktober dan 16 November 2024.

Kemudian untuk total durasi debat yang disampaikan itu 120 menit atau 2 jam termasuk acara pembukaan seremoni. Debat dihadiri oleh calon bupati dan wakil bupati, tidak ada teknis seperti debat Capres atau Cawapres seperti pada Pemilu lalu.

Selain itu, terkait dengan jumlah massa pendukung yang diperbolehkan masuk ke tempat lokasi debat hanya sebanyak 30 orang dari setiap paslon. Serta kemungkinan di luar tempat debat juga tidak ada fasilitas layar besar untuk nonton bareng.

"Mengantisipasi hal itu, kami akan coba intruksilan kepada pendukung EDUN untuk melaksanakan nobar di wilayahnya masing-masing," tuturnya.

Lebih lanjut pihaknya juga memberikan masukan kepada KPU KBB, menginginkan agar tujuh orang tim perumus debat adalah figur yang benar-benar netral dan tidak teraflisasi atau memihak ke salah satu paslon.

"Saya dengar mereka ada tujuh orang, di antaranya Rahmat Hidayat, Agus Subagyo, Darda Abdulah, Iing Nurdin, Aan, dan ada dua lagi. Kami ingin tim perumus debat Pilkada KBB itu netral dan tidak terafiliasi ke paslon tertentu, supaya debat berjalan fair dan demokratis," tegasnya. (*)

Editor : Rizki Maulana

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network