get app
inews
Aa Read Next : Ditugaskan Maju Pilkada Jakarta, Politikus Nilai Hanya Ridwan Kamil yang Bisa Imbangi Kekuatan Anies

Pengamat: Nasdem Jabar Khatam Kekuatan dan Kelemahan Ridwan Kamil

Selasa, 24 Januari 2023 | 14:44 WIB
header img
Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin tanggapi soal Nasdem tak terpengaruh Ridwan Kamil gabung Golkar. Foto: Universitas Al Azhar Indonesia

"Mereka sudah berpisah, Nasdem kecewa karena dulu diusung oleh Nasdem namun tidak ada sumbangsih yang besar untuk Nasdem. Tahu-tahu lari ke Golkar yang dulu tidak mendukungnya di Pilkada yang lalu," jelas Ujang.

Kendati demikian, bagi Ujang itu adalah hakikat dari politik yang selalu banyak perubahan dan dinamika. Maka ketika Nasdem menyatakan tidak terpengaruh, itu adalah hal yang bagus.

"Tanpa Ridwan Kamil pun Nasdem jalan. Saan Mustopa jalan aja untuk menjadi calon gubernur. Kalau bisa mendukung kadernya sendiri, Ketua DPW nya yang didorong jadi cagub," tandas Ujang.

Sebelumnya, Ketua DPW Nasdem Jabar, Saan Mustopa mengaku memiliki penilaian tersendiri terkait dampak Ridwan Kamil jadi kader Golkar. Menurutnya, sama sekali tidak berpengaruh terhadap peta perpolitikan di Jabar dengan langkah taktis RK tersebut.

"Secara peta elektoral, peta politik, atau peta dinamika politik yang ada di Jabar, masuk dan tidaknya Kang Emil ke politik atau memilih partai tertentu sama sekali tak berdampak signifikan bagi perpolitikan di Jabar," beber Saan.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut