get app
inews
Aa Read Next : 5 Rekomendasi Film Aksi Ma Dong Seok sebagai Polisi, Bikin Tegang tapi Menghibur

Persiapan Tilang Manual, Polda Jabar Akui Baru 129 Polisi Tersertifikasi

Jum'at, 19 Mei 2023 | 16:50 WIB
header img
Tilang manual kembali diberlakukan di Jabar pada Junia 2023 mendatang. Foto ilustrasi: Sindonews

"Diharapkan dengan asesmen tidak terjadi lagi pelanggaran kewenangan yang dilakukan oleh anggota, ini salah satu langkah yang saya lakukan dalam rangka persiapan pemberlakukan tilang manual," jelas Wibowo.

Selain itu, lanjut Wibowo, tilang manual kembali diterapkan di Jabar lantaran jumlah kamera yang dipakai untuk tilang elektronik (ETLE) masih kurang. Kurangnya jumlah kamera mengakibatkan pemantauan terhadap pelanggaran lalu lintas menjadi tak maksimal.

"28 ribuan kilometer lebih panjang jalan provinsi, pusat kemudian kabupaten atau kota, ini cukup panjang, di sisi lainnya kita hanya memiliki 21 titik kamera ETLE," bebernya.

"Banyak jalan yang belum ter-cover oleh kamera ETLE dan ada beberapa pelanggaran lalu lintas yang belum terdeteksi oleh ETLE seperti berkendara dalam pengaruh alkohol, kendaraan overload, belum lagi pelanggaran yang STNK dan SIM ini kan belum tercover," lanjutnya.

Kendati demikian, Wibowo menyebut tilang elektronik bakal tetap diberlakukan di Jabar. Tilang manual hanya akan diterapkan di ruas jalan yang tak terpantau oleh kamera ETLE.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut