get app
inews
Aa Read Next : Cermati Banyaknya Perkeliruan dalam Pemilu 2024, Iwan Setiawan Soroti Benda Ajaib Sirekap

32.712 ODGJ di Jabar Miliki Hak Pilih, KPU Optimistis Pemilu 2024 Berjalan Sukses

Rabu, 27 Desember 2023 | 18:18 WIB
header img
32.712 ODGJ di Jabar Miliki Hak Pilih pada Pemilu 2024. (Foto: Ilustrasi/Okezone)

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat mencatat, sekitar 32 ribu lebih orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) di Jabar bakal ikut ambil bagian dalam pencoblosan Pemilu 2024.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat KPU Jabar, Hedi Ardia mengatakan, 32.712 penyandang disabilitas mental akan bergabung dengan penyandang disabilitas kategori lainnya, dimana total mencapai 146.751 orang di Jabar.

"Bukan ODGJ, kami menyebutnya penyandang disabilitas mental. Mereka bukan yang tidak terdata atau berkeliaran di jalan-jalan, mereka ada di rumah dan secara medis berdasarkan keterangan dokter, bisa menentukan pilihan," ucap Hedi di Kabupaten Bandung Barat, Selasa (26/12/2023).

Hedi mengatakan, mereka yang memiliki hak pilih sama dengan masyarakat pada umumnya, yakni Warga Negara Indonesia (WNI) dan telah berusia di atas 17 tahun.

"Selama dia adalah WNI, punya KTP Elektronik, pernah menikah atau usia minimal 17 tahun, bukan anggota TNI atau Polri. Yang disabilitas mental ikut memilih, bukan hal baru," ungkapnya.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut