get app
inews
Aa Read Next : Berkat Inovasi Kemenag, FKKBIHU Jabar Nilai Ibadah Haji 2024 Sukses

Kloter Pertama Jamaah Haji Indonesia Dilepas, Kang Ace Apresiasi Layanan Fast Track

Minggu, 12 Mei 2024 | 08:55 WIB
header img
Pelepasan kloter pertama jamaah haji di Pondokgede, Bekasi. (FOTO: ISTIMEWA)

Smart Card

Kang Ace meninformasikan, saat ini Arab Saudi memiliki perbedaan kebijakan dari tahun sebelumnya. Karena itu, setiap jamaah haji Indonesia, sudah sepatutnya diberikan Smart Card di samping gelang identitas jamaah haji. 

Smart Card ini berfungsi untuk mengidentifikasi jamaah haji yang benar-benar menggunakan visa haji dan untuk mencegah jamaah haji ilegal yang tidak menggunakan visa haji. Sehingga, bagi yang tidak memiliki Smart Card, tidak dapat masuk ke area Armuzna.

“Saat ini di Muzdalifah juga telah dibangun toilet-toilet baru yang banyak untuk peningkatan pelayanan terhadap jamaah haji dan berbagai peningkatan pelayanan di Armuzna. Ini merupakan kebijakan pemerintah Arab Saudi yang berkaca dari pengalaman tahun sebelumnya,” ujarnya.

Istitho’ah Kesehatan

Terkait aspek persiapan, Kang Ace menuturkan, penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 1445 H/2024 M juga memiliki kebijakan yang berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu dengan kebijakan “Haji Istitho’ah Kesehatan”. Sebelum pelunasan BPIH, jamaah harus memenuhi persyaratan istitho’ah kesehatan terlebih dahulu. 

“Ini dimaksudkan agar jemaah haji benar-benar mampu dalam menunaikan ibadah haji, khususnya dari aspek kesehatan,” tutur Kang Ace.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut