get app
inews
Aa Read Next : Berkat Inovasi Kemenag, FKKBIHU Jabar Nilai Ibadah Haji 2024 Sukses

Kloter Pertama Jamaah Haji Indonesia Dilepas, Kang Ace Apresiasi Layanan Fast Track

Minggu, 12 Mei 2024 | 08:55 WIB
header img
Pelepasan kloter pertama jamaah haji di Pondokgede, Bekasi. (FOTO: ISTIMEWA)

Namun, kata caleg DPR RI terpilih hasil Pileg 2024 dari daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Bandung dan Bandung Barat ini, ke depan masih perlu dilakukan perbaikan kualitas pelayanan. Saat ini petugas kesehatan kloter tidak mendapatkan gelang karena Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tidak melakukan kontrak pengadaan gelang.

“Maka ke depan harus dilakukan penyediaan gelang bagi petugas kloter. Di samping itu, pelayanan satu atap di asrama haji yang seharusnya dilakukan selesai saat kedatangan, belum bisa dilaksanakan secara penuh karena terkendala oleh aturan internal di unstansi masing-masing,” ujar Kang Ace.

Dia nengingatkan kepada para jamaah haji lanjut usia (lansia) agar tidak terlalu memaksakan diri untuk menunaikan ibadah-ibadah sunnah, seperti umrah berkali-kali. “Sebaiknya mari kita simpan energi dan tenaga untuk persiapan wukuf di Arafah, Muzdalifah, mabit, dan lempar jumrah di Mina yang memerlukan tenaga ekstra,” tuturnya.

Bagi para pembimbing ibadah haji dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU), Kang Ace meminta kerja sama dan pengertiannya terutama terkait pelayanan dalam menghadapi para jamaah lansia. Sebab, para jamaah lansia memerlukan upaya pelayanan ekstra dengan tidak memaksakan kepada mereka untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat memporsir energi.

“Kepada para jemaah haji, untuk diketahui musim haji tahun ini juga bertepatan dengan musim panas, yang suhunya di Mekkah ekstrem, lebih dari 40 derajat Celcius. Untuk itu, para jamaah diimbau untuk sering minum air agar tidak mengalami dehidrasi. Air zamzam tersedia banyak di sana,” ucap Kang Ace.

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut