get app
inews
Aa Read Next : Berkat Inovasi Kemenag, FKKBIHU Jabar Nilai Ibadah Haji 2024 Sukses

Kloter Pertama Jamaah Haji Indonesia Dilepas, Kang Ace Apresiasi Layanan Fast Track

Minggu, 12 Mei 2024 | 08:55 WIB
header img
Pelepasan kloter pertama jamaah haji di Pondokgede, Bekasi. (FOTO: ISTIMEWA)

BEKASI, iNewsBandungRaya.id - Kloter Pertama Jamaah Haji Indonesia Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG 01) dan Jakarta Pondok Gede (JKG 02)/Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS 02) Tahun 1445/2024 dilepas di Ruang VIV Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Sabtu (11/5/2024) malam.

Pemberangkatan kloter pertama jamaah haji itu dihadiri Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia H E Faisal bin Abdullah Al-Mudi, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, dan pejabat dari Kementerian Hukum dan HAM.

Kang Ace sapaan akrab Tubagus Ace Hasan Syadzily mengatakan, Komisi VIII DPR RI bersama Kementerian Agama (Kemenag) telah melakukan beberapa perbaikan pelayanan bagi jamaah haji dan penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2024 M/1445 Hijriah. Di antaranya, layanan fast track di bandara yang sangat memudahkan para jamaah saat memasuki Arab Saudi.

“Pertama kami  menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Agama terkait layanan fast track di bandara ini. Biasanya jamaah, seperti tahun-tahun sebelumnya, jika tidak digunakan fast track, proses imigrasi harus menunggu 4 sampai 5 jam saat sampai di Arab Saudi. Sekarang, begitu turun dari pesawat bisa langsung menuju bus mereka masing-masing,” kata Kang Ace.

Kang Ace menyatakan, apresiasi kepada Pemerintah Indonesia terutama pendekatan diplomasi oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi  yang terus membangun kerja sama dengan Raja Salman terkait inovasi-inovasi pelayanan bagi jamaah haji Indonesia.

Menurut dia, ada hal penting yang perlu diketahui, penyelenggaraan Ibadah Haji 1445 H/2024 Masehi ini berbeda dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya, baik dari segi jumlah jamaah, kondisi di Arab Saudi, maupun beberapa perubahan kebijakan penyelenggaraan ibadah haji. Bahkan jamaah haji tahun ini merupakan terbesar sepanjang sejarah karena mencapai 241.000 orang. 

Editor : Ude D Gunadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut