Logo Network
Network

Pentingnya Pengawasan Partisipasi dalam Pelaksanaan Pemilu

Abbas Ibnu Assarani
.
Rabu, 01 Juni 2022 | 10:40 WIB
Pentingnya Pengawasan Partisipasi dalam Pelaksanaan Pemilu
Ketua Bawaslu Jabar, Abdullah Dahlan saat menjadi narasumber diskusi "Strategi dan Efektivitas Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu 2024”.

BANDUNG, iNews.id - Pemilu Watch Indonesia melaksanakan diskusi sesi 2 dengan tema “Strategi dan Efektivitas Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu 2024” di kafe Madtari, Jalan Ranggagading Tamansari, Kota Bandung.

Turut hadir dalam diskusi Ketua Bawaslu Jawa Barat Abdullah Dahlan, Dosen dan Praktisi Hukum dari Universitas Muhammadiyah Sukabumi, dan Direktur Eksekutif Pemilu Watch Indonesia Muhamad Rai Satria sebagai narasumber diskusi tersebut.

Direktur Eksekutif Pemilu Watch Indonesia, Muhamad Rai Satria mengatakan bahwa perlu keseriusan dalam meningkatkan partisipasi anak muda dalam pengawasan pemilu. 

Menurutnya, dalam undang-undang pemilu partisipasi masyarakat dapat dilakukan dengan sosialisasi, pendidikan politik bagi pemilih serta jejak pendapat seputar kepemiluan.

"Partisipasi anak muda dalam kepengawasan bisa dipraktekkan dalam laporan pelanggaran pemilu. Karena semakin banyak laporan masyarakat berarti semakin baik pula tingkat partisipasi masyarakat dalam pengawasan partisipatif, yang artinya sosialisasi yang dilakukan Bawaslu bisa dikatakan berhasil," katanya.

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini