get app
inews
Aa Read Next : Cermati Banyaknya Perkeliruan dalam Pemilu 2024, Iwan Setiawan Soroti Benda Ajaib Sirekap

Pentingnya Pengawasan Partisipasi dalam Pelaksanaan Pemilu

Rabu, 01 Juni 2022 | 10:40 WIB
header img
Ketua Bawaslu Jabar, Abdullah Dahlan saat menjadi narasumber diskusi "Strategi dan Efektivitas Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu 2024”.

Muhamad Rai Satria mengungkapkan tetapi semakin sedikit laporan dari masyarakat yang diterima maka bisa dikatakan semakin buruk pula cara dan teknik Bawaslu mendorong pengawasan partisipatif. 

Walaupun, lanjutnya, laporan masyarakat bukan satu-satunya indikator suksesnya pengawasan partisipatif, dalam konteks pengawasan partisipatif, Namun, Bawaslu seharusnya berupaya mendorong partisipasi masyarakat dengan berbagai macam agenda yang didesain sebagai penyulut semangat masyarakat dalam ikut serta untuk pengawasan partisipatif.

"Yang tujuannya adalah Bawaslu punya partner dalam bekerja, karena Bawaslu tidak bisa berperan sendiri dalam melakukan pengawasan," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Jabar Abdullah Dahlan lebih menitikberatkan pada pelaksanaan pengawasan secara profesional, karena proses pengawasan tersebut adalah indikasi dari kasus yang akan ditangani oleh pengawas pemilu. 

Menurutnya, pengawasan pemilu merupakan pengertian yang berlaku dalam mendefinisikan tugas dan fungsi pengawasan pemilu, yang pada dasarnya mencakup setidaknya 4 aspek penting.

Editor : Abdul Basir

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut