Logo Network
Network

Simpel, Inilah Syarat Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan

Aqeela Zea
.
Senin, 27 Maret 2023 | 19:01 WIB
Simpel, Inilah Syarat Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan
Syarat klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan. Foto: BP Jamsostek

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Sejumlah syarat klaim Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan cukup mudah dikumpulkan. Tetapi syarat klaimnya berbeda-beda tergantung penyebab berhentinya.

Pertama, peserta yang behenti kerja karena mencapai usia pensiun atau habis kontrak karena status PKWT, maka syarat klaimnya adalah kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan dan KTP atau identitas lain.

Kedua, untuk tenaga kerja berhenti karena mengundurkan diri, syarat klaim yaitu kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan, KTP atau identitas lain dan keterangan pengunduruan diri dari pemberi kerja tempat peserta bekerja.

Ketiga, untuk tenaga kerja berhenti kerja karena pemutusan hubungan kerja (PHK), syarat klaim adalah kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan, KTP atau identitas lain dan bukti PHK.

"Bukti PHK bisa berupa tanda terima laporan PHK dari instansi yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang ketenagakerjaan atau surat laporan PHK dari pemberi kerja kepada instansi yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang ketenagakerjaan," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandung Suci, Agus Hariyanto.

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.