get app
inews
Aa Read Next : Cermati Banyaknya Perkeliruan dalam Pemilu 2024, Iwan Setiawan Soroti Benda Ajaib Sirekap

Peran Gen Z dan Milenial Jadi Petugas KPPS, Menyuarakan Suara Muda dalam Pemilu

Rabu, 07 Februari 2024 | 08:50 WIB
header img
Ilustrasi pemungutan suara. (Foto:SindoNews.com)

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Ada sedikit hal yang berbeda dari Pemilu serentak di tahun ini dimana akan sangat banyak pemilih dari kalangan Gen z dan Milenial

Menurut Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada rapat pleno untuk pertama kalinya pemilih didominasi oleh Gen Z dan Milenial. Dari jumlah pemilih sebanyak 204.807.222 terdapat 46,8 juta pemilih dari Gen Z dan 66,8 juta pemilih Milenial. Artinya, suara mereka memiliki dampak yang cukup besar untuk masa depan negara kita tercinta ini.

Ternyata tak hanya berpartisipasi dalam memberikan suara pada Pemilu nanti, para generasi muda ini juga ikut andil dalam penyelenggaraan Pemilu itu sendiri. Mulai dari menjadi Panitia Pemilihan kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), hingga menjadi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Salah satu Gen Z yang menjadi anggota KPPS adalah Sultan Chandra (25). Ia mengatakan bahwa ini merupakan kali keduanya menjadi anggota KPPS.

“Saya tertarik jadi anggota KPPS karena dengan begitu saya bisa ikut serta sebagai pelaksana dan ikut membantu mensukseskan pemilihan umum di desa saya. Selain itu, membantu menjamin bahwa pemilihan umum akan berlangsung secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” Jelas Sultan,Selasa (6/2/2024).

Editor : Abdul Basir

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut