get app
inews
Aa Read Next : Mulai Besok, Pendopo Kota Bandung Dibuka untuk Umum

Tingkatkan Kesehatan Pekerja Indonesia, Perdoki Upgrade Ilmu Terkini Kedokteran Okupasi

Sabtu, 25 Februari 2023 | 23:02 WIB
header img
Perdoki menggelar pertemuan ilmiah ke-15 di Bandung. Foto: Perdoki

Menurutnya, orang yang bekerja harus memiliki keseimbangan antara jasmani, rohani, dan lingkungan sosialnya, termasuk dengan kehidupan keluarganya.

"Okupasi ini merupakan masalah kesehatan pekerja. Oleh karenanya, dokter spesialis okupasi harus terus meningkatkan kapasitasnya. Jadi hasil dari sini akan menjadi satu bahan yang bisa dipakai," tandasnya.

Ketua IOMU 2023, dr. Titis Mariyamah menyampaikan, konferensi ini mengupas berbagai topik terkini di bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja, antara lain pengelolaan dan analisis data MCU (medical check-up), perspektif baru terkait program wellness terintegrasi di tempat kerja, implementasi program penilaian kembali bekerja (return to work) pada kasus insiden/kecelakaan kerja, pendekatan terpadu dan penanganan dalam manajemen korban massal, hingga kegawatdaruratan medis.

Kemudian, program managemen dan tatalaksana  penyakit akibat kerja (PAK), manajemen penyakit menular dan tidak menular di tempat kerja, penilaian risiko kesehatan dan pengendaliannya di tempat kerja, pengawasan dan penilaian ergonomi di tempat kerja, program manajemen kesehatan mental, program vaksinasi dan kelaikan kerja (fitness to work) bagi para pekerja.

Saat ini, lanjut Titis, lebih dari 70 persen penduduk Indonesia berusia produktif yang tentunya merupakan peluang yang harus dimanfaatkan untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik dan sejahtera di masa yang akan datang.

Editor : Zhafran Pramoedya

Follow Berita iNews Bandungraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut